Air Bersih

Alat Uji Sampel Air Danau Ngade di Ternate Belum Memadai

Ilustrasi gambar: Media Edutama

Ternate, Hpost - Direktur PDAM Kota Ternate, Thamrin Alwi, mengakui bahwa saat ini uji sampel air Danau Ngade yang sudah layak dikonsumsi masyarakat masih dilakukan di Manado, Sulawesi Utara.

Thamrin mengatakan, pihaknya bukan tidak mau melakukan uji kualitas air Danau Ngade di laboratorium yang sudah tersedia di Kota Ternate, Maluku Utara.

Baca Juga:

Sudah Uji Kualitas, Air Danau Ngade Layak Dikonsumsi Warga Ternate

Wali Kota Ternate Dinilai Pilih Kasih, Pedagang: Rumah Pernah Jadi Posko Pilwako

Menurutnya, validasi data uji sampel memang harus dilakukan di Manado, hal tersebut karena pembacaan sampel air masih di bawah rata-rata kalau dilakukan di Ternate.

"Bukan ragu dengan hasil uji laboratorium di Ternate, namun kualitas pembacaan untuk sampel air ini masih di bawah rata-rata. Karena kami butuh validasi data yang kuat jadi harus ke Manado," ujarnya, Senin 30 Agustus 2021.

Anggota DPRD Angkat Bicara

Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate, Junaidi Bahdarudin, mengatakan Pemkot Ternate seharusnya mencari sumber-sumber air yang baru, dan tak boleh berharap dari Danau Ngade.

Ia menilai bahwa aspek pengelolaan air belum maksimal dan kapasitas bibit air juga kadang fluktuatif, sehingga harus menambahkan sumber air yang baru melalui survei lapangan.

“Jadi jangan hanya berharap sumber air yang ada saat ini, nanti jika kita krisis air maka harus membutuhkan sumber air lainnya,” jelasnya.

Junaidi juga berharap Pemkot Ternate harus menyiapkan laboratorium kesehatan daerah. Sehingga tidak perlu menguji sampel air hingga ke Manado.

“Jika PDAM beralasan laboratorium kita di bawah rata-rata, maka itu sudah menjadi tanggung jawab Pemkot untuk menaiki standarnya bahkan segera diakreditasi, sehingga bisa melayani uji kualitas air. Jangan nanti enam bulan sekali ke Manado juga repot,” pungkasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: SAR
Editor: RHH

Baca Juga