Pembangunan

Bupati Fifian Ungkap Alasan Membangun Masjid Tri Sula di Lingkungan Isda

Bupati Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus saat melakukan peletakan batu pertama Masjid Tri Sula. Foto : Hartati Panigfat

Sanana, Hpost – Pemerintah Kabupaten Sula, Maluku Utara akan membangun masjid yang diberi nama Tri Sula, di lingkungan Istana Daerah (Isda).

Hal itu ditandai dengan telah dilakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Fifian Adeningsi Mus, Rabu 8 September 2021 lalu.

Peletakan batu pertama ini juga dihadiri Wakil Bupati, Saleh Marasabessy, Bupati Taliabu, Aliong Mus, dan perwakilan para imam dari empat soa (kampung/suku) besar di Kepulauan Sula, yakni Imam Fatce, Imam Fagudu, Imam Falahu, dan Imam Mangon.

Baca Juga :

Wali Kota Ternate Tegaskan Tahan TTP  ASN yang Belum Divaksin

Santunan Jasa Raharja Terbanyak untuk Korban Meninggal, Besarannya Rp2,9 Miliar

Fifian mengatakan, pembangunan Masjid Tri Sula tersebut memiliki beberapa alasan mendasar, yakni karena lokasi tersebut salah satu lokasi Masjid tertua di Sula, kemudian Isda, pelabuhan serta taman kota juga belum memiliki Musalah maupun Masjid.

“Sehingga, lokasi pusat kota ini sangat strategis untuk membangun Masjid demi kepentingan umat muslim di Kepulauan Sula,” katanya.

Fifian bilang, penamaan nama masjid ini memiliki makna dan filosofi yang kuat.

"Pemberian nama Tri Sula pada masjid tersebut memiliki makna dan filosofi tersendiri agar mengingatkan kembali kepada masyarakat Sula akan sejarah," ucap Fifian.

Ia menjelaskan, zaman dahulu, wilayah Sula tak bisa terlepas dari peran tiga pulau, yakni Pulau Mangoli, Taliabu, dan Sulabesi. Sehingga nama tersebut dipilih untuk mengingatkan terus simbol persaudaraan dari masyarakat Sula.

“Menurut cerita orang-orang tua, (dulu) 12 Sangaji itu imamnya nanti kan disebar-sebar di tiga pulau. Jadi dari 12 Sangaji itu kan semuanya dari masjid yang sekarang mau dibangun lagi. Sehingga kita tetap mengenang bahwa Tri Sula itu terdiri dari tiga pulau (yang) tidak bisa dipisahkan,” ujarnya.

Sekadar diketahui, pembangunan masjid ini menggunakan APBD Perubahan 2021 yang melekat pada Dinas PUPR Kepulauan Sula.

“Insya Allah akan dilaksanakan dalam waktu dekat, agar awal tahun depan kita sudah bisa sholat berjamaah di Masjid Tri Sula,” pungkasnya.

Penulis: Hartati Panigfat
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga