Bencana Banjir

Masalah Banjir di Ternate akan Ditangani Tahun Depan

Kawasan rawan banjir di jalan Mangga Dua, Ternate Selatan. Foto: Ramlan/JMG

Ternate, Hpost – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan fokus melakukan penanganan banjir disejumlah titik, pada tahun anggaran 2022.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, menjelaskan penanganan banjir yang menjadi skala prioritas itu melalui pemetaan skala kawasan yang kerap dianggap rawan banjir. Misalnya di wilayah Ternate Tengah, dan Ternate Selatan.

"Nantinya akan kita lihat yang mana yang paling rawan, tapi skemanya kemungkinan tengah dan selatan yang jadi target penanganan," ucap Tauhid, Rabu 22 September 2021.

Baca Juga:

Plt Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, menambahkan terkait dengan banjir yang kerap melanda di sejumlah titik di Kota Ternate ini merupakan masalah klasik. Hal ini tentu menjadi prioritas Pemkot di tahun 2022 melalui penanganan skala kawasan.

Rizal bilang, penanganan itu di antaranya dengan melakukan perbaikan saluran drainase di sejumlah titik. Misalnya di kawasan Dharma Ibu, kemudian daerah SD Islamiyah, kawasan penginapan Ayu Lestari Bastiong Karance, maupun di wilayah utara tepatnya di area bandara.

Perbaikan terhadap saluran drainase ini, kata dia, bahkan sudah dilakukan melalui program Kotaku di jantung kota, tepatnya di depan hotel Neraca.

Ia mengaku, juga telah memerintahkan kepada Dinas PUPR agar di tahun 2022 memprioritaskan soal penanganan banjir.

"Yang pasti perbaikan dengan penerapan skala kawasan ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Tahun depan jadi skala prioritas agar jangan lagi ada keluhan masyarakat soal ini lagi," tegasnya.

Penulis: SAR
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga