Gempa Bumi

Gempa Berkekuatan Magnitudo 4.9 Guncang Maluku Utara

Ilustrasi Gempa. Foto: Pixabay

Ternate, Hpost – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4.9 guncang Maluku Utara, pukul 15.25 WIT, Ternate 28 September 2021.

Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Andri Wijaya Bidang, melalui rilis resmi kepada Halmaherapost.com, gempabumi terletak pada koordinat 0.56 Lintang Utara dan 126.40 Bujur Timur.

“Tepatnya berlokasi pada jarak 109 kilometer arah Barat Daya Ternate, Provinsi Maluku Utara pada kedalaman 10 kilometer,” ungkap Andri.

Andri bilang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Baca Juga:

“Ini akibat deformasi batuan pada lempeng Laut Maluku,” katanya.

Berdasarkan informasi dari masyarakat, menurut Andri, gempa bumi ini dirasakan di Ternate II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, hingga getaran dirasakan nyata dalam rumah.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Tapi belum adanya aktivitas gempa bumi susulan,” terangnya.

Meski begitu, Andri menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.

Penulis: Ramlan
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga