Pahlawan Nasional

FKPPI Maluku Utara Perjuangkan Sultan Zainal Abidin Syah sebagai Pahlawan Nasional

Ishak Naser, Ketua FKKPI Maluku Utara. Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – FKPPI Maluku Utara mendesak Pemerintah segera menetapkan Sultan Zainal Abidin Syah, Gubernur Provinsi Perjuangan Irian Barat, sebagai Pahlawan Nasional.

Desakan tersebut tertuang dalam rekomendasi yang disepakati dalam Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) PD XXVIII FKPPI Maluku Utara, di Royal Resto, Minggu 28 November 2021.

Sofyan Daud, Ketua Steering Commite Rampimda mengatakan, PD FKPII Maluku Utara sejak mulai mempersiapkan materi Rapimda telah bermufakat memasukkan desakan tersebut sebagai poin utama rekomendasi Rapimda.

“Selain menelorkan sejumlah keputusan strategis organisasi juga beberapa rekomendasi. Salah satu rekomendasi penting ialah, mendesak Pemerintah segera menetapkan Sultan Zainal Abidin Syah, Gubernur Provinsi Perjuangan Irian Barat, sebagai Pahlawan Nasional,” kata Abang Sof, sapaan akrabnya Sofyan Daud.

Baca Juga:

Ketua Organizing Commite, Asghar Saleh, mengatakan, ketika poin rekomendasi itu mereka sampaikan pada saat acara pembukaan Rampimda, direspon antusias oleh Pengurus Pusat FKPPI, Indra Bambang Utoyo, Wakil Ketua Pengurus Pusat FKPPI yang hadir secara virtual memberi sambutan sekaligus membuka Rapimda dan Up-grading Kader Bela Negara.

"Kami mendukung penuh tekad PD XXVIII FKPII Maluku Utara memperjuangkan Sultan Zainal Abidin Syah untuk segera ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Menetapkan status dan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Zainal Abidin Syah dan kepada tokoh-tokoh di daerah yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia adalah hal yang baik bagi NKRI," urai Asghar mengutip pidato Indra Bambang Utoyo pada pembukaan Rapimda.

Sementara itu, Ishak Naser, Ketua PD FKPPI Maluku Utara, mengatakan rekomendasi penting PD FKPPI Maluku Utara ini akan dibawa ke Musyawarh Nasional FKPPI, Desember mendatang.

"Rekomendasi Rapimda ini akan kami bawa ke forum Musayawarah Nasional FKPPI. Insya Allah ini akan diakomodir sebagai salah satu keputusan dalam rekomendasi Munas FKPPI," kata Ishak Naser optimis.

Ishak bilang, untuk memperkuat upaya ini, PD XXVIII FKPPI Maluku Utara akan menghimpun masukan berupa data pendukung dari berbagai sumber untuk kelengkapan administrasi dan syarat-syarat pengusulan.

“Harapannya keinginan masyarakat bahwa Sultan Zainal Abidin dapat segera menyusul Sultan Babuballah dan Sultan Nuku sebagai Pahlawan Nasional dari Maluku Utara dapat segera terwujud. Bila upaya ini berhasil, akan memudahkan masyarakat memperjuangkan tokoh dan pahlawan Maluku Utara lainnya, seperti Banau, Haji Salahuddin dan tokoh lainnya,” pungkasnya.

Penulis: Qal
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga