Event

Kelurahan Kulaba, Ternate Resmi Dilaunching Jadi Kampung Durian

Warga Kulaba saat hadiri Festival Kampung Durian || Foto: RHH/JMG

Ternate, Hpost - Wali Kota Ternate Maluku Utara, M Tauhid Soleman, pada Sabtu 15 Januari 2022, resmi melaunching Kelurahan Kulaba, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, sebagai Kampung Durian.

Launching Kampung Durian Kulaba ini digelar bersamaan dengan Festival Durian yang dilaksanakan warga setempat.

"Jadi hari ini saya sekaligus launching, Kulaba sebagai Kampung Durian. Kalau sudah ditetapkan, maka setiap tahun durian itu harus dipastikan ada (dipanen)," ujar Tauhid kepada warga.

Menurutnya, tanah yang subur membuat Ternate tak hanya ditumbuhi tanaman rempah-rempah, Ternate juga memiliki jenis durian yang unik dan banyak peminat.

"Orang kalau mau ke durian di Ternate, pasti dari jauh sudah cium baunya. Berbeda dengan durian yang dijual di toko," katanya.

Ia bilang, wilayah Kulaba juga memiliki daya tarik yang lain. Daya tarik tersebut adalah destinasi Wisata Batu Angus yang dicanangkan menjadi Geopark Nasional.

"Kita sudah sampaikan ke Nasional bahwa Ternate juga termasuk Geopark Island. Ada sekitar 47 titik di Ternate, dan itu sebagian besar ada di Kulaba," jelas Politisi NasDem itu.

Baca:

Pemkot Tidore Jalin Kerja Sama dengan Unkhair, Implementasikan MBKM

Pemutakhiran Data Mandiri Berakhir 31 Januari, Puluhan ASN Belum Daftar

Disaksikan Kapolri, Gubernur Maluku Utara Terima Vaksin Pertama

Ketua Pelaksana Festival Durian Kampung Kulaba, Julfikar Mohtar, mengatakan ada beragam varietas durian di Kulaba yang jadi produk unggulan petani.

Julfikar menyebut, umumnya durian Kulaba memiliki tekstur yang lembut, daging buahnya juga manis.

"Jadi kegiatan ini dilaksanakan dan kehadiran Pak Wali Kota ini, dalam rangka memperkenalkan produk pertanian unggulan, yakni durian Kulaba," pungkas Julfikar.

Penulis: RHH
Editor: Redaksi

Baca Juga