Perikanan

Tak Hanya Ikan, Kelurahan Jambula Bakal Dibudidaya Udang

Nelayan tangkap di Kelurahan Jambula, Ternate Pulau, Maluku Utara || Foto: Mongabay

Ternate, Hpost – Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Maluku Utara, kini berencana melakukan budidaya udang vaname di Kelurahan Jambula.

Sebelumnya, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Jambula resmi ditetapkan sebagai kampung nelayan maju yang termaktub dalam surat keputusan nomor 59 Direktorat Perikanan Tangkap RI.

Kepala DKP Kota Ternate, Faisal H. Danu, diwawancarai mengatakan potensi budidaya di wilayah Ternate saat ini belum dikelola secara maksimal.

“Sebab, budidaya saat ini belum dikelola dengan baik. Meski begitu, kami akan koordinasikan lagi dengan pemerintah provinsi Maluku Utara dan pemerintah pusat,” ujar Faisal, pada Selasa 15 Februari 2022.

Baca Lagi:


PLN Ternate Diminta Tangani Masalah Listrik di Batang Dua


Resmi Diputuskan, Wahda Segera Jalani Hukuman Penjara 4 Bulan


Ini Kronologi Kecelakaan Karyawan PT IWIP yang Tewas Tergilas Truk


Kadis baru dilantik Wali Kota Tauhid Soleman ini mengaku masih melakukan koordinasi dengan jajarannya untuk merealisasi sejumlah program prioritas.

“Untuk mengambangkan [keunggulan] perikanan di Ternate, kami akan mengidentifikasi potensi laut di semua kecamatan,” ujar Faisal.

Mantan Plt Kepala DKP, Tamrin Marsaoly, mengharapkan Faisal melanjutkan program kerja yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat di pesisir.

“Kita berharap, yang paling diutamakan adalah pengelolaan sampah di pesisir pantai. Karena itu program unggulan Dinas Kelautan dan Perikanan. Kemudian, pemberdayaan masyarakat pesisir,” ujar Tamrin.

Penulis: SAR
Editor: RHH

Baca Juga