Event

Benny: Pelaksanaan MTQ XXIX Bukti Toleransi di Morotai

Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Benny Laos, saat menyampaikan sambutan di Panggung Pelaksanaan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Malut yang digelar di Pulau Morotai || Foto: Istimewa

Morotai, Hpost - MTQ ke-29 tahun 2022 tingkat Provinsi Maluku Utara resmi dibuka di Panggung Sail Morotai, Juanga, pada Minggu 20 Maret 2020, oleh Wakil Gubernur Malut M. Ali Yasin. Perhelatan ini diharapkan membawa pesan toleransi bukan sekadar ajang seremoni belaka.

“Saya bisa berdiri di sini selaku Bupati Morotai, sebagai kaum minoritas bisa berdiri di tengah mayoritas. Ini menunjukkan Islam telah mampu membawa toleransi,” kata Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, dalam sambutannya.

Menurut Benny, penetapan Morotai sebagai tuan rumah MTQ merupakan hal yang luar biasa.

"Pada malam ini juga, Kabupaten Pulau Morotai telah menggenapi usia ke-13 Tahun,” ujar Benny.

Baca Juga:


Kafilah MTQ Provinsi Perwakilan Morotai Keluhkan Pelayanan Official


Oknum Polisi di Maluku Utara Diduga Aniaya Pacarnya, Ada Ancaman Pembunuhan


Puluhan Anggota DPRD Maluku Utara Mangkir dari Paripurna

Ia menuturkan bahwa tujuan digelarnya MTQ ini guna membawa generasi muda yang penuh hikmat dan taqwa untuk membela dan mempertahankan NKRI.

"Saya berharap kepada Kafilah MTQ dan masyarakat Morotai, agar momentum MTQ ini tidak hanya dijadikan sebagai sebuah seremoni, namun jadikanlah momentum MTQ ini sebagai penghayatan yang dapat membawa peradaban beragama Islam sebagai agama pembawa damai menuju ke jalan Allah SWT," kata Benny.

Pelaksanaan pembukaan MTQ dijadwalkan berlangsung selama 6 hari 20-26 Maret 2022 ini.

Dalam acara pembukaan MTQ kesenian budaya Tarian Kolosal juga disuguhkan dengan pembacaan lantunan merdu Ayat Suci Al Qur’an oleh Qori terbaik Indonesia, KH. Mu’min Ainul Mubarok.

MTQ XXIX diikuti oleh ratusan kafilah dari 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Malut.

Kafilah dari 10 Kabupaten/kota ikut ambil bagian pada ajang MTQ XXIX ini yaitu Kafilah Kabupaten Taliabu, Kafilah Kabupaten Kepulauan Sula, Kafilah Kabupaten Halmahera Timur, Kafilah Kabupaten Halmahera Selatan, Kafilah Kabupaten Halmahera Tengah, Kafilah Kabupaten Halmahera Utara, Kafilah Kabupaten Halmahera Barat, Kafilah Kota Ternate, Kafilah Kota Tidore Kepulauan, dan Kafilah Kabupaten Pulau Morotai sebagai tuan rumah.

Penulis: Tim JMG
Editor: RHH

Baca Juga