Kampus

Mahasiswa Unkhair Meninggal Dunia Usai Mendaftar Wisuda, Orang Tuanya akan Wakili

Ilustrasi Wisuda Istimewa

Ternate, Hpost – Seorang mahasiswa Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara, bernama M. Iksan Umar, meninggal dunia. Almarhum diketahui telah mendaftarkan diri sebagai peserta wisudawan Unkhair pada Sabtu 26 Maret 2022 mendatang. Kini, pihak orang tuanya akan mewakili wisuda itu.

M. Iksan merupakan mahasiswa program studi (Prodi) Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unkhair. Ia diketahui meninggal saat orang tuanya mendatangi pihak kampus dan mengabarkan kepergian Almarhum.

"Orang tuanya datang meminta agar di antara mereka ada yang mewakili saat prosesi wisuda nanti," kata Nurdewi Rizka, Kepala Biro BAKP Unkhair, ketika diwawancarai jumlah wisudawan periode Maret 2022 di ruang kerjanya, Kamis 24 Maret 2022.

Nurdewi bilang, menurut orang tuanya, M. Iksan jatuh sakit sebelum meninggal dunia. Dewi mengaku belum mengetahui secara pasti sakit yang dideritanya.

Baca Juga:


BMKG: Hujan di Maluku Utara Masih Berlangsung Hingga Juni 2022


Distan Halmahera Tengah Salurkan Bantuan Bibit untuk 22 Kelompok Tani

"Dia (Almarhum) sudah menyelesaikan berkas wisudanya. Sudah selesai ikut yudisium, mendaftar di sini juga sudah selesai. Cuma begitulah, yang namanya ajal kita tentu tidak bisa hindari," ujarnya.

Nurdewi menuturkan, saat prosesi wisuda nanti, kedua orang tua Almarhum dapat mewakili untuk menerima gelar sarjana tersebut. Dia mengaku pihak kampus turut berbelasungkawa atas kejadian ini.

"Yang jelas pihak kampus dan kami turut berbelasungkawa. Kemarin Dekan FPIK juga sudah menyampaikan (belasungkawa)," imbuhnya. Menurut Nurdewi, kejadian serupa memang pernah terjadi sebelumnya di Universitas Khairun.

"Kejadian ini juga sudah pernah terjadi sebelumnya. Ada mahasiswa yang mengalami hal yang sama. Intinya, pihak kampus turut berbelasungkawa dan kami wajib memberikan gelar itu kepada orang tua almarhum," pungkasnya.

Penulis: RHH
Editor: Redaksi

Baca Juga