Kebakaran

Kantor Bupati Terbakar, Dokumen Penting Berhasil Diselamatkan

Api melahap lantai dua Kantor Bupati Halsel || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Dokumen penting dalam insiden kebakaran di Gedung Kantor Bupati Halmahera Selatan, Maluku Utara, Rabu malam 20 April 2022, berhasil diselamatkan. Kerugian negara ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Nasrudin Sardi (24 tahun) merupakan saksi mata mengatakan, setelah melaksanakan salat isya di Musala Pemda, dia keluar untuk buang ludah. Dia lantas melihat api dan asap tebal di lantai II gedung tersebut.

"(Api itu) tepat di dalam ruangan Bapak Sekda Saiful Turuy," ungkap Nasrudin yang juga anggota Satpol PP di kantor Bupati Halsel.

Sekda Halsel Saiful Turuy, ditemui menyampaikan bahwa pihaknya berhasil menyelamatkan sejumlah dokumen penting, namun fasilitas lainnya tidak dapat diselamatkan karena kobaran api makin membesar.

"Untuk kerugian negara hingga saat belum bisa ditaksir tapi dipastikan miliaran rupiah. Barang-barang berharga yang dapat diselamatkan hanya dokumen-dokumen penting, yang sisanya tidak bisa diselamatkan," cetusnya.

Astaga, Kantor Bupati Halmahera Selatan Terbakar!

Sementara Kapolres Halsel AKBP Herry Purwanto yang ditemui di TKP menjelaskan, hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui pasti, namun dugaan sementara disebabkan karena korsleting.

"Penyebab-penyebab kebakaran belum ketahui pasti. Setelah melakukan pemadaman kita akan memasang police line di seluruh lantai 2 kantor bupati dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut motif kebakaran ini," jelasnya.

Menurut Kapolres, sesuai hasil penelusuran di TKP, percikan api awalnya bermula dari ruangan staf ahli yang bersebelahan dengan ruang Sekda. Api kemudian menjalar ke ruangan Sekda dan menyebar ke ruangan-ruangan lain di lantai II.

"Penyelidikan lebih lanjut kita akan datangkan tim Labfor dari Makassar untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran," ujarnya.

Ia menambahkan, ruang kerja Sekda dan staf ahli habis terbakar, sementara ruang kerja Bupati dan Wakil Bupati hanya bagian plafon dan gentingnya yang terbakar.

"Namun hingga saat ini kondisi ruangan belum dicek karena masih dilakukan pemadaman," tandas Herry.

Penulis: Tim Hpost
Editor: RHH

Baca Juga