Kabar

Begini Penyebab Tahanan PN Ternate Meninggal di Lapas Jailolo

Ilustrasi Istimewa

Jailolo, Hpost Seorang tahanan Pengadilan Negeri Ternate dengan nama Oliver Fransisco Tjiusnoyo, meninggal dunia di RSUD Jailolo Halmahera Barat, Maluku Utara, Sabtu 21 Mei 2022. Warga Desa Acango ini tutup usia saat dititipkan di Lapas Jailolo.

Diketahui, Oliver merupakan tahanan kasus dugaan penggelapan dan penipuan. Kepala Lapas Kelas IIB Jailolo Haryono dikonfirmasi menjelaskan, Oliver baru dititipkan selama satu setengah hari.

Menurut Haryono, sekitar pukul 11.00 WIT petugas melakukan kontrol dalam kamar tahanan, dan mendapati Oliver mengalami sesak napas.

“Petugas blok melaporkan ke komandan jaga, dan laporan diteruskan ke Kasubsi Perawatan, dan staf perawatan mendatangi untuk memeriksa tahanan tersebut dengan alat tes saturasi. Hasilnya, nadi 82 kali per menit, oksigen 75 persen," jelasnya.

Setelah pemeriksaan Kasubsi Registrasi, kata Haryono, pihak Lapas langsung menghubungi jaksa Kejari Halbar guna melaporkan kondisi tahanan yang sakit. Beberapa saat kemudian, jaksa tiba di Lapas Jailolo dan mengeluarkan tahanan untuk dibawa ke RSUD Jailolo.

Baca:


Selamat! Kopi Rempah Khas Ternate Terbaik se-Nusantara


Mati Mesin, Kapal Ikan di Perairan Sanana Dilaporkan Terombang-ambing

“Jam 11 lewat dengan menggunakan mobil tahanan Lapas Jailolo disertakan ikut 1 orang staf perawatan, 1 orang staf registrasi dan 1 orang staf pengawalan dari Lapas Jailolo membawa tahanan ke RSUD Jailolo untuk melakukan perawatan medis,” sambung Haryono.

Setibanya di RSUD tim medis langsung melakukan tindakan medis. Namun, pada pukul 12.15 WIT, dokter jaga RSUD Jailolo menyatakan Oliver meninggal dunia.

“Pihak keluarga sudah dihubungi dan kelurganya juga dekat dari sini. Keluarganya bilang bahwa korban memiliki penyakit bawaan, yakni penyakit asma dan kolesterol dan dia meninggal itu karena jantung lantaran kolesterol naik. Intinya kita sudah memberi yang terbaik dan dia sakit kita rujuk ke rumah sakit," tandasnya.

Penulis: TS
Editor: RHH

Baca Juga