Pangan

Maluku Utara Masuk Provinsi dengan Harga Beras Kualitas Super II Paling Mahal

Ilustrasi Beras. Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Harga beras kualitas super II pada 10 provinsi termasuk masuk Maluku Utara tercatat paling mahal di Indonesia.

Dilansir katadata.co.id berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional mencatat rata-rata harga beras kualitas super II (per kg) harian di pasar modern di beberapa provinsi tercatat Rp 13,65 ribu per kg, data per Jumat, 27 Mei 2022. Secara keseluruhan, rata-rata minggu ini turun dibandingkan rata-rata minggu sebelumnya yang tercatat Rp. 13.650 per kg.

Harga beras kualitas super II di pasar modern Sumatera Barat menjadi yang termahal se-Indonesia dengan harga jual Rp 17.450 per kg. Dibandingkan sebulan lalu, harga beras kualitas super II di provinsi ini tidak mengalami perubahan. Harga jual tertinggi yang pernah dicatat di wilayah ini adalah Rp. 17.950 per kg.

Baca:

Optimis! Tuan Rumah Popda Ke-10 Target Juara Umum

Pria 70 Tahun Dilaporkan Hilang di Hutan Morotai, Ini Kronologinya

Penjelasan Pria 70 Tahun Usai Diduga Hilang di Hutan Morotai

Sementara di pasar modern Jawa Tengah, harga beras kualitas super II dijual seharga Rp 15.150 per kg dan menjadi yang termahal kedua di dalam negeri.

Kemudian di urutan ketiga, harga beras kualitas super II di Kalimantan Utara seharga Rp 15.100 per kg, Sumatera Utara Rp 14.750 per kg, dan Papua Barat Rp 13.750 per kg.

Sementara itu, terdapat 10 provinsi dengan penjualan harga beras kualitas super II di bawah rata-rata nasional. Tiga provinsi dengan harga jual beras kualitas super II terendah adalah Bali, Jawa Timur dan Sulawesi Utara.

Penulis: Qal
Editor: Redaksi

Baca Juga