Kabar

Begini Kronologi KM Harapan Mujur 2 Terbakar di Pelabuhan Tobelo

Kondisi kapal yang terbakar di Pelabuhan Tobelo, Halut || Foto: Istimewa

Tobelo, Hpost – KM Harapan Mujur II rute Halmahera Timur–Tobelo mengalami kebakaran di Dermaga Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara, Kamis malam 30 Juni 2022.

Nakhoda Kapal, Rosila Oris, ketika ditemui menjelaskan bahwa KM Harapan Mujur II tiba di Dermaga Tobelo sekira pukul 16.47 WIT.

Rosila menyebut, kapal tersebut memiliki muatan berupa puluhan sak arang, ikan asap, dan ratusan sak kopra.

“Saat tiba, bongkaran pertama yang dilakukan itu, arang 24 koli dan ikan asap sebanyak 120 ikat, sementara kopra 220 koli lebih belum dilakukan pembongkaran rencananya besok pagi baru dibongkar,” ungkap Rosila.

Baca Terkait:


Kapal Penumpang Rute Buli-Tobelo Alami Kebakaran


Ia bilang, saat kapal disandarkan di dermaga, pihaknya sedang memastikan bahan bakar. Posisi bahan bakar dalam tanki 75 persen.

Menurut Rosila, kebakaran pertama kali disaksikan oleh salah seorang ABK, Tamrin, yang saat itu sedang berada di tempat kejadian.

“Kalau dia (Tamrin) bilang, api berawal dari kamar mesin, tiba-tiba melihat api sudah menyala, dia sedang berbaring. Tiba saja dia melihat asap, di situ langsung turun di bagian mesin dan menyemburkan air sebanyak 4 kali,” tuturnya.

“Karena tidak padam, sehingga dia turun di jembatan, di situ api kemudian mulai membesar," sambungnya.

Kebakaran baru berhasil dipadamkan saat dua unit pemadam kebakaran, dibantu TNI-Polri dan masyarakat, pada pukul 23.15 WIT bergerak cepat memadamkan api.

Sementara itu, sesuai pantauan media, saat ini Rosila beserta kru KM Harapan Mujur II sedang menjalani pemeriksaan oleh Sahbandar.

Penulis: Tim Hpost
Editor: RHH

Baca Juga