Kabar

Survei: 36 Persen Penduduk Kota Ternate di 23 Kelurahan Belum Bisa Baca Qur’an

Ilustrasi Bacaan Al-Qur'an || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Survei Pengurus Besar Relawan Wakaf Qur'an (PB RWQ) Maluku Utara menyebut terdapat 64 persen penduduk Kota Ternate di 23 kelurahan yang bisa baca Qur'an.

Dengan demikian, 36 persen penduduk di 23 kelurahan alami buta Qur'an.

Ketua PB RWQ Malut, Tada Hakim mengatakan bahwa dari sekitar 58 kelurahan di Kota Ternate, pihaknya baru survei 23 kelurahan.

"Ternate dari 58 kelurahan baru 23 kelurahan yg disurvei. Hasilnya 64 persen yang bisa baca Al-qur'an," paparnya, kepada Halmaherapost, Jumat 12 Agustus 2022.

Dari 64 persen itu, kata dia, ada kelompok yg bacaannya masih mengeja atau belum lancar membaca.

Sementara itu, ditanya tekait jumlah penduduk buta Qur'an di Maluku Utara, menurutnya hingga saat ini RWQ Malut sedang mengumpulkan data tersebut.

"Kita sedang pengumpulan data. Hipotesisnya kurang hanya 43% masyarakat Islam di desa yang bisa baca Al-Qur'an," sebutnya.

Tada Hakim pun menyampaikan pentingnya mempelajari Al-Qur'an sebagai kitab suci pedoman umat Islam.

Baca Juga:




"Ibarat kendaraan atau mesin baru ada manual (Petunjuk Operasional) demikian juga dengan Al-Qur'an. Al-Qur'an adalah petunjuk (manualnya) kehidupan bagi seorang muslim di tengah maju dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi," cetusnya.

Ia mengimbau agar generasi muda jangan alergi terhadap pendidikan Al-Qur'an.

"Teruslah belajar Al-Qur'an, jangan gengsi bagi yang belum tahu baca Al-Qur'an, teruslah belajar dan memperbaiki diri," tandasnya.

Penulis: Rian Hidayat Husni
Editor: Redaksi

Baca Juga