Lingkungan

Kaum Muda Estuaria Serukan Ternate Harus ‘Merdeka’ dari Sampah

Kaum Muda Esturia, Pemuda Sulamadaha dan Mahasiswa Kubermas saat memungut sampah di laut || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Kaum muda Estuaria kembali menggelar aksi bersih sampah. Kali ini, bertepatan dengan HUT RI ke-77 tahun 2022, mereka fokus di lokasi Wisata Jikomalamo, Ternate Barat, Rabu 17 Agustus 2022.

Bagi Estuaria, Kota Ternate sejatinya perlu bebas alias merdeka dari sampah. Aksi bersih sampah ini pun melibatkan sejumlah pihak, yakni pemuda Sulamadaha, serta mahasiswa Kubermas.

"Kita tadi mulai pukul 11.00 WIT di Pantai Jikomalamo. Jadi kita pungut sampah yang di darat, pesisir hingga dasar laut," kata Indrasani Ilham, penanggung jawab kegiatan kepada Halmaherapost usai aksi itu.

Pemilik nama akrab Akes itu bilang, mereka akhirnya berhasil mengangkut sebanyak 7 kantong sampah.

"Tujuh kantong sampah terbagi di darat 5 dan di laut 2 kantong. Paling banyak itu sampah plastik-botol. Langsung kita bawa ke TPA di antara Takome-Sulamadaha," ucap dia.

Baca Juga:


Semangat Paskibraka Kepulauan Sula Kibarkan Merah Putih


Puluhan Napi di Rutan Weda Terima SK Remisi dari Tangan Edi Langkara


Warga di Ternate Mengeluh, Sudah Bayar Retribusi Tapi Sampah tak Pernah Diangkut


Akes menyebut bahwa gerakan pungut sampah tersebut selain dilakukan guna merayakan hari kemerdekaan, juga punya tujuan menindaklanjuti kampanye sampah plastik yang telah dilakukan sebelumnya.

"Kami menegaskan bahwa Ternate harus bebas dari sampah plastik," katanya.

Ia berharap, para penjual di lokasi wisata Jikomalamo dapat menyediakan tempat sampah dan bisa mengarahkan pengunjung untuk tidak membuang sampah ke laut maupun darat.

"Aksi ini masih akan terus berlanjut. Kami fokus dalam isu kampanye terkait sampah dalam tahun ini dan masih akan terus berlanjut," pungkasnya.

Penulis: Ramlan Harun
Editor: Redaksi

Baca Juga