Kependudukan

Dinar: Data Regsosek Jadi Sarana Informasi Membangun Kesejahteraan Masyarakat

Dinar Dana Kharisma (kelima dari kiri), Koordinator Bantuan Sosial Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian PPN/Bapenas, bersama pihak BPS Provinsi Maluku Utara || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost - Tahapan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 sudah selesai dilakukan. Dengan begitu, pemerintah berharap penggunaan data kependudukan tunggal tersebut memiliki manfaat pada aspek pembangunan masyarakat.

Hal itu disampaikan Dinar Dana Kharisma, Koordinator Bantuan Sosial Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian PPN/Bapenas, dalam dialog bertema 'Mengawal Pemanfaatan dan Pemutakhiran Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek)' di Ternate, pada Rabu 23 November 2022.

Baca Juga:




Menurut Dinar, Regsosek sejatinya bertujuan mengumpulkan data penduduk terutama terkait sosial-ekonomi. Ia menyebut, hal itu agar pemerintah dapat mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap dengan data ini akan memudahkan program pembangunan yang lebih terfokus dan tepat sasaran sesuai dengan tujuannya. Baik itu memperbaiki akses pendidikan, infrastruktur dan kesejahteraan," ucap Dinar.

Ia menyebut bahwa tahapan Regsosek ini sudah dilakukan bersama Mitra BPS sejak pertengahan Oktober hingga pertengahan November 2022 lalu.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Tim Hpost
Editor: Rian Hidayat Husni

Baca Juga