Angkutan Laut

Kapal Ukuran Besar Tolak Pindah di Dermaga Dufa-Dufa, Ternate

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman bersama Forkomoimda saat menyaksikan langsung uji coba labuh sandar kapal di Dermaga Sultan Mudaffar Sjah II Dufa-Dufa Ternate, disela-sela peresmian ruang tunggu dan terminal. Foto: Ramlan/HMN

Ternate – Mimpi Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman untuk menjadikan dermaga Sultan Mudaffar Sjah II sebagai tempat persinggahan kapal berukuran besar, yang masuk dari kabupaten/kota di Maluku Utara, akan tidak berjalan mulus.

Meski, sebelumnya telah dilakukan uji coba dan pembenahan sejumlah fasilitas pendukung pada dermaga yang berada di Kelurahan Dufa-Dufa, Ternate Utara tersebut.

Hal ini karena ada kapal yang menolak untuk pindah dari pelabuhan Ahmad Yani, salah satunya KM Holly Mary.

Baca:

KSOP Ternate Buka Pelayaran Kapal Rute Bacan dan Sanana

Dua Fasilitas Diresmikan, Dufa-dufa Bakal Jadi Kawasan Ekonomi di Ternate

“Kalau persoalan itu sudah selesai. Kita sudah sampaikan penjelasan ke Kepala KSOP (Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan) Ternate. Kita tidak bisa,” ucap Sudin, Kapten KM. Holly Mary didampingi kepala cabang kepada Halmaherapost.com, Sabtu 7 Januari 2023, kemarin.

Ia bilang, alasan pihaknya tidak mau pindah. Karena, kondisi pelabuhan tidak memungkinkan untuk kapal berukuran, seperti Holly Mary.

“Ukuran dermaga sama panjang dengan kapal (Holly Mary). Kalau kapal dibawa 500 GT (gross tonnage), bolehlah,” katanya.

“Kita uji coba juga saat benturan dia goyang. Makanya tidak bisa,” tandasnya.

Penulis: Tim Hpost
Editor: Redaksi

Baca Juga