Lingkungan

Hampir Tiap Hari Sampah Menumpuk di Kawasan Pasar Higienis, Ternate

Ternate - Sampah menumpuk pada sejumlah titik di kawasan Pasar Higienis, Kelurahan Gamalama, Ternate, Maluku Utara, Kamis 19 Januari 2023.

Pantauan Halmaherapost.com, pukul 06.30 hingga 08.30 WIT, tumpukan sampah tersebut seperti di bagian ujung taman depan pasar barito atau tepatnya dibawah papan reklame. Padahal, disitu sudah ada papan larangan membuang sampah.

Selain itu, pada sisi kanan dan depan bagian kiri pasar Higienis, yang berdekatan dengan pintu masuk dan keluar. Bahkan, sebagian sudah menutup separuh badan jalan, apalagi disisi kanan pasar higienis.

Sehingga, membuat para pengunjung terlihat sangat berhati-hati saat memasuki maupun keluar dari pasar.

Baca:

Kawasan Pasar Higienis Ternate ‘Panen’ Sampah Busuk

Sampah Membusuk di Kawasan Pasar Higienis Ternate, Pedagang: Kami Sudah Tidak Mampu

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) baru terlihat melakukan pengangkutan sampah yang ditampung di atas taman pada pukul 07.00 WIT.

"Saya ini hampir tiap pagi hari ke pasar dan tetap temukan pemandangan buruk ini. Ini kan pasar, banyak orang kesini untuk berbelanja, kalau sampah menumpuk begini kan tidak bagus," ujar Fatma (48 Tahun), salah satu pengunjung.

Ia bilang, sampah boleh ditampung, asalkan pada tempatnya dan tidak sampai dalam beberapa hari. Karena akan membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

"Sebelumnya disini kami masuk pasar harus tutup hidung, karena sampah sampai sudah keluarkan bau busuk," katanya.

Lisa (38 Tahun), pengunjung lainnya juga menyampaikan hal yang sama. Ia menyarankan sampah di ruang publik seperti pasar perlu diutamakan untuk ditangani.

"Sampah ini memang bukan hanya di pasar. Tapi, kami sarankan sampah di pasar ini sudah harus diangkut sebelum pagi. Disini banyak orang berkunjung dan pastinya ada orang dari luar Ternate," tandasnya.

Sekadar diketahui, tumpukan sampah di kawasan Pasar Higienis sudah sering terjadi. Bahkan, telah berlangsung sejak lama.

Penulis: Tim Hpost
Editor: Redaksi

Baca Juga