Keamanan

Perayaan HUT Satpam ke-42 Maluku Utara Dipusatkan di PT IWIP

Kapolda Irjen Pol Midi Siswoko berjabat erat dengan salah satu Satpam. Foto: Istimewa

Weda - Kapolda Irjen Pol Midi Siswoko memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 untuk wilayah Maluku Utara yang dipusatkan di PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan Tanjung Ulie, pada Senin 30 Januari 2023 itu turut dihadiri Danrem 152 Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito dan jajarannya, Pj. Bupati Halmahera Tengah Ikram Malan Sangadji, Presiden Direktur PT IWIP Xiang Bing He, Vice President PT IWIP Kevin He, serta para Kepala Desa di lingkar industri.

“Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sebab sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan dan tugas yang dihadapi," ucap Midi melalui keterangan pers yang diterima Halmaherapost.com, Selasa 31 Januari 2023.

Untuk itu, lanjut Midi, potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui pengamanan swakarsa.

Baca:

Kejari Kepulauan Sula Terus Kembangkan Dugaan Korupsi Anggaran BTT

Kumpul Batu, Nelayan di Ternate Temukan Jasad Bayi yang Sudah Membusuk

Warga Morotai Temukan Bom Aktif di Sekitar Jembatan Rakyat

Menurutnya, atas dasar itulah pada tahun 1980, Jenderal Pol. (Purn) Prof. Awaloedin Djamin menggagas pembentukan pengamanan swakarsa berupa Satuan Pengamanan (Satpam).

“Kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya,” ujarnya.

Ia bilang, dalam perkembangannya, Satpam menjadi salah satu bagian yang esensial di berbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata, dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan serta segenap stakeholder lainnya atas kerja sama yang sinergis sehingga situasi stabilitas kamtibmas dapat kondusif,” katanya.

Suasana Upacara HUT Satpam di IWIP. Foto: Istimewa

Manajer Komunikasi PT IWIP Mappalara Simatupang mengatakan, sebagai Objek Vital Nasional, PT IWIP membutuhkan bantuan Satpam dalam pengamanan kawasan.

“Kehadiran Satpam sangat membantu dalam mengamankan aset perusahaan,” ucapnya.

Kebutuhan industri terhadap jasa pengamanan, kata dia, juga membuka peluang ketersediaan tenaga kerja, sehingga berdampak pada menurunnya angka pengangguran.

“Atas nama PT IWIP, kami mengucapkan selamat ulang tahun Satuan Pengamanan ke-42. Semoga sinergitas dengan Polri terus terjalin sehingga menciptakan situasi keamanan yang kondusif,” tandasnya.

Sekadar diketahui, dalam rangkaian upacara juga ditampilkan berbagai atraksi seperti seni bela diri karate, simulasi pengendalian huru-hara, dan simulasi pengamanan laut.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Redaksi

Baca Juga