Media

AMSI: Pers Harus Lebih Sensitif pada Isu Gender

Workshop Trusted News Indicator AMSI secara daring. Foto: Istimewa

Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan Internews dan USAID MEDIA melanjutkan serial workshop Trusted News Indicator yang kedua. Kegiatan yang mengangkat isu new media dan perempuan itu diselenggarakan secara daring, pada Rabu 12 April 2023.

Workshop Trusted News Indicator merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan mensosialisasikan indikator kepercayaan publik kepada media-media anggota AMSI, serta menyerap masukan dan tanggapan pemangku kepentingan, regulator, hingga aktivis perempuan terkait pedoman media terpercaya.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan bahwa Undang Undang Pers harus menjadi pedoman bagi jurnalis, utamanya media siber. Untuk itu ia menekankan pentingnya jurnalis mengabdi dan melakukan kerja pemberitaan untuk kepentingan publik, termasuk di dalamnya spesifik soal perempuan dan anak.

Baca:

Obrolan Kampung di Ternate, Anies Jadi Sosok yang Dibutuhkan Indonesia

4 Proyek PUPR Morotai yang Sudah Dikerjakan Rekanan Tak Terdata di LPBJ

Korban yang Tercebur Bersama Ribuan Ton Feronikel di Laut Halmahera Selatan, Tewas

Wens bilang, pada lanskap media saat ini, bertabur banyak media termasuk platform media sosial yang secara terbuka mengekspos kekerasan perempuan, serta kata kasar (hatespeech), perundungan (bullying), dan identitas atau eksploitasi terhadap anak-anak.

“Media harus menarik garis demarkasi yang terang antara media dengan platform yang tidak tersentuh literasi itu. Media harus lebih sensitif terutama menyangkut anak dan perempuan. Maka dari itu AMSI membuat indikator kepercayaan publik ini, salah satu dari 11 poin yang disusun AMSI adalah pedoman pemberitaan terpercaya fokus isu perempuan dan anak,” kata Wens.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Tim Hpost
Editor: Redaksi

Baca Juga