Perhubungan Laut

Keberangkatan Kapal Uki Raya Tertunda 6 Jam di Pelabuhan Sanana

Sanana - Keberangkatan penumpang di Kapal Km. Uki Raya 04 di Pelabuhan Sanana tertunda hingga enam Jam, karena melebihi kapasitas penumpang.

Banyak penumpang, yang akhirnya menunda jadwal keberangkatan. Hal itu dikarenakan sudah menunggu sekian jam, namun belum juga bisa berangkat.

Seperti terpantau sekitar pukul 18.00 - 21.00. Penumpang terlihat berdiri di depan, Belakang dan samping kapal, sambil sesekali menengok ke arah Kantor unit penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sanana.

Sam salah satu penumpang di Km. Uki Raya 04 mengatakan harusnya berangkat jam 6 seperti yang diinformasikan, paling lambat jam 7 saja. Tapi ini sudah sangat lama.
"Kami menunggu hingga berjam-jam, tapi kapal belum juga keluar dari pelabuhan Sanana, mana panas tidak dapat ranjang, kan capek," keluhnya.

Harusnya sejak awal pembelian tiket sudah diinformasikan, penumpang hanya sekian, tapi ini tidak. Sudah di kapal barulah di cek lagi tiketnya, berapa kali kami di periksa.
"Lapar, panas ngantuk, tapi masih terus berjaga-jaga, " ungkapnya.
Lanjutnya, Semoga kedepan pelayanan tiket di Kepulauan Sula lebih baik lagi, dan kalau sudah melebihi kapasitas penumpang, tiketnya Jagan dijual lagi, biar tidak sarat. Karena ini tentang kesehatan manusia.

Terpisah, Kepala Kantor unit penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sanana, Idham A Basir saat dikonfirmasi Halmaherapost.com di kantor nya mengatakan, tunda keberangkatan karena, kelebihan kapasitas penumpang, jadi di sortir yang tidak ada tiket turun dari kapal. "Karena suda diinfokan bagi yang belum punya tiket turun dari kapal, tapi tidak ada yang turun. Makanya minta bantuan TNI POLRI," ungkapnya, Senin, 01 Mei 2023.

Lanjutnya, setelah periksa tiket, pihak nya pun periksa alat keselamatan, tapi berfungsi semua, karena yang diutamakan itu keselamatan.

Idham bilang, Awalnya tidak ada tiket harus turun, salah satunya dicek juga ada spon atau tidak.
"Penumpang ada 400-500 tapi kalau lebih akan di cek alat keselamatannya. Keselamatan kita diatas kapal. Dan sudah cek cuaca, dalam keadaan bagus,"jelasnya.

Petugas semua di kapal, Idham juga arahkan untuk menambah makanan di kanti kapal, agar kafetarian stoknya ditambah lagi.

Idham juga Menghimbau kepada masyarakat, untuk calon penumpang kapal, arus balik masyarakat jangan terpaku pada kapal vaforit, karena bisa mengatur jadwal untuk balik ke Ternate.

Tambahnya, Kalau memang tidak terburu-buru tunggu lagi kapal berikutnya, agar bisa menghindari penumpukan di kapal.

Semoga arus balik sudah puncaknya dihari ini, intinya untuk masyarakat, kita pemerintah akan menyediakan arus balik yang aman, selamat, nyaman dan selamat.

Pantauan media ini, Ada penumpang dari CASIS, ada juga penumpang dari Fala dan Dofa, ditambah lagi di Sanana, makanya sarat.
Kapal bertolak dari Pelabuhan Sanana menuju Ternate pada pukul 22.18 Wit.

Penulis: Hartati Panigfat
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga