Sampah

Heny Cs Hadirkan Solusi Mengatasi Masalah Sampah di Kota Ternate

Sampah plastik yang dikumpulkan oleh Heny Sutan Muda bersama sejumlah komunitas || Foto: Istimewah

Ternate - Ternate telah menjadi perhatian utama dalam beberapa waktu terakhir karena masalah sampah yang semakin meresahkan. Tumpukan sampah yang menumpuk dan pencemaran pantai oleh sampah adalah masalah nyata yang harus segera ditangani.

Meskipun sebagian orang cenderung menyalahkan pemerintah, penting untuk diingat bahwa pengelolaan sampah adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Masalah utama terkait sampah di Kota Ternate melibatkan sejumlah faktor, mulai dari kurangnya sarana pengangkutan sampah hingga minimnya inovasi dalam pengelolaan sampah. Menyikapi situasi ini, Wakil Ketua DPRD Ternate, Heny Sutan Muda, Ketua APINDO Gajali Abd Mutalib, dan Heru Kurniawanto merasa prihatin dan mengambil inisiatif untuk membentuk sebuah komunitas yang peduli terhadap masalah sampah.

Baca juga:


DPC Demokrat Ternate Berharap DPP Beri Kejutan Setelah Dikhianati Anies Baswedan


Anis-Cak Imin, M. Tauhid Soleman Bisa Rujuk PKB di Pilkada Ternate 2024


Ingin Berhenti dari Anggota DPRD Ternate, Zainul: Saya jadi Ketua KONI Saja


"Tujuan dari komunitas peduli sampah ini adalah membantu masyarakat mengatasi masalah sampah. Salah satu langkah yang kami ambil adalah menyediakan lahan untuk pengelolaan sampah. Kami juga mendorong pendirian bank sampah dan menyediakan wadah untuk pemisahan jenis sampah," ungkap Heny pada hari Selasa, tanggal 5 September 2023.

Untuk mewujudkan semua inisiatif ini, ia menggarisbawahi bahwa dukungan kuat dari pemerintah sangat diperlukan. Oleh karena itu, ia mengajak Pemerintah Kota Ternate untuk bekerja sama dalam mengatasi permasalahan sampah di Ternate.

Heny juga menambahkan bahwa komunitas ini akan berkolaborasi dengan PKK Kota Ternate, yang aktif dalam mengumpulkan sampah, dan ia menekankan bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomis.

"Kami yakin bahwa lingkungan yang bersih akan membawa pikiran yang jernih dan kualitas hidup yang lebih baik bagi semua warga kota ini," tandasnya.

Penulis: Tim
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga