Infrastuktur Pariwisata

Gedung TIC Pulau Morotai Senilai 3 Miliar Terbengkalai, Fasilitas Pendukung Nihil

Pembangunan Gedung TIC yang terbengkalai || Foto: Maulud/Halmaherapost

Morotai - Proyek gedung Tourism Information Center (TIC) dan fasilitas pendukung di kawasan wisata (Broadwalk), senilai Rp3 Miliar di kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, terbengkalai.

Pantauan halmaherapost.com, Kamis, 26 Oktober 2023, bahwa pembangunan TIC, yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar lebih dari Rp3 miliar pada tahun 2022, tampak mulai rusak.

Tumpukan material bekas proyek tampak berseraka. Plafon gedung itu telah runtuh, padahal bangunan tersebut belum diresmikan.

Fasilitas TIC seperti kursi, meja, dan perlengkapan lainnya, termasuk papan pusat informasi pariwisata, yang merupakan bagian dari proyek tersebut tidak terlihat di lokasi.

Baca juga:


Resmi! Malut United Rekrut Gelandang Persebaya, Dua Pemain Asing Didepak


Empat Pemain Liga 1 Masuk Radar Malut United FC, Nomor 4 Fantastis


Rambah Industri E-Sport, Malut United Kirim Pemain ke IFeLeague


Dalam data yang tercantum di http://lpse.pulaumorotaikab.go.id, pembangunan TIC seharusnya mencakup perlengkapannya, termasuk ruang serbaguna, kantor pengelolaan, dan papan pusat informasi pariwisata, dengan nilai paket sekitar Rp. 3.096.869.700,00, yang dianggarkan melalui APBD tahun 2022.

Kondisi TIC yang tak terurus membuat pengunjung di WFC Zona II protes.

"Mereka hanya tahu membangun, tetapi tidak tahu merawatnya. Apa tujuan pembangunan ini? Apakah pembangunan semata-mata untuk kepentingan pribadi?," kata salah satu warga yang enggan disebutkan namanya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Maulud Rasai
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga