Rempah

Tanam Ratusan Pohon Cengkeh dan Pala, Wali Kota Ternate: Rempah Aset Mewah

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman didampingi Ketua TP-PPK Marliza Tauhid bersama Ketua panitia HAJAT dan Kadis pertanian Thamrin Marsaoly saat penanaman cengkeh dan pala secara serempak. Foto: Ramlan/Halmaherapost.com

Ternate – Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman memimpin penanaman serempak 773 pohon Cengkeh dan Pala. Secara simbolis berlangsung di depan Museum Rempah Benteng Oranje, pada Selasa 12 Desember 2023.

“Kegiatan pencangan penanaman cengkeh dan pala ini dalam rangkaian Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-773, sekaligus memeriahkan Hari Rempah Nasional yang jatuh pada 11 Desember,” ujar Fatiah Suma, Ketua Panitia HAJAT ke-773.

Ia bilang, penanaman secara serempak itu selain di Benteng Oranje, juga dilakukan di Kelurahan, OPD, Sekolah (SD, SMP), ruang publik, hingga instansi vertical.

“Menanam serempak ini disemangati untuk mensosialisasikan narasi city branding Ternate Kota Rempah,” katanya.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan rempah merupakan kekayaan asli Maluku Utara yang sudah dikenal sejak lama. Sehingga menjadi asset mewah.

Baca juga:

Family Gathering PAUD Vellya Ternate, Tekankan Pentingnya Kedisiplinan dalam Mengasuh Anak

Wali Kota ‘Terbang’ Terima Anugerah Meritokrasi 2023, Ternate Kategori Baik

Masyarakat dan Mahasiswa di Ternate Boikot Armada Pengangkut Sampah, Wali Kota ‘Terbang’

“Pala dan cengkeh adalah lokal pride. Cengkeh dan Pala tidak hanya diterjemahkan sebagai rempah, tetapi juga sebagai identitas,” ucap Tauhid.

Ia bilang, dengan adanya sertifikat Kemenkumham RI yang memberikan hak merek Ternate Kota Rempah juga memperkuat City Branding.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Ramlan Harun
Editor: Redaksi

Baca Juga