Pemilu 2024

Instruksikan Staf Pilih Caleg Partai Ini, Kades Cendana, Morotai Sebut di Back-up Penyelenggara

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Pulau Morotai, Murjat Hi. Untung. Foto: Maulud/halmaherapost.com

Morotai - Kepala Desa (Kades) Cendana, Morotai Jaya, Pulau Morotai, Maluku Utara, Delvis Tenang menginstruksikan stafnya untuk mencoblos caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Golongan Karya (Golkar) dalam Pemilu 2024. 

Hal itu disampaikan Delvis saat memimpin apel pada Senin 5 Februari 2024. Penyampaian itu melalui video 2.49 menit yang beredar luas di media sosial terutama WhatsApp grup pada Selasa 13 Februari 2024. 

Selain meminta memilih caleg dua partai, ia juga mencatut nama penyelenggara pemilu. Menurutnya, para staf tidak perlu takut, karena sudah di back-up Bawaslu dan KPU.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Pulau Morotai, Murjat Hi. Untung saat dikonfirmasi Halmaherapost.com terkait masalah tersebut, menegaskan akan segera memanggil Kades untuk mempertanggungjawabkan pernyataannya itu. 

"Terkait dengan penyebutan nama lembaga atau institusi Bawaslu, itu tidak benar. Kita kerja atau berpihak kepada peserta Pemilu dalam hal ini di salah satu partai politik itu tidak benar," kata Murjat saat ditemui, Rabu 14 Februari 2024. 

Baca juga:

Koalisi Cek Fakta Ungkap Puluhan Informasi Hoaks Beredar di Medsos saat Pencoblosan

Jelang Pungut Hitung, Panwaslucam Pulau Hiri, Ternate Gelar Bimtek untuk PTPS

Warga Ternate Ditemukan Tergantung di Kebun, Belum Diketahui Penyebabnya

“Dalam waktu dekat setelah semua bukti terkumpul, maka yang bersangkutan dipanggil untuk diperiksa lebih jauh. Akan ditangani sesuai dengan mekanisme penanganan pelanggaran Pemilu di Bawaslu," sambungnya.

Murjat juga mengaku sangat menyayangkan pernyataan kades yang dinilai sangat tidak berdasar. 

Selanjutnya 1 2
Penulis: M. Rasai
Editor: Redaksi

Baca Juga