Agraria

Tanam Pala bersama MPH Sinode GPM, Begini Harapan Sultan Tidore

Pose bersama Sultan Tidore, H. Husain Alting Sjah dengan MPH Sinode GPM Klasis Ternate disela-sela penanaman Pala. Foto: Istimewa

Tidore - Sultan Tidore, H. Husain Alting Sjah bersama Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Klasis Ternate, melakukan penanaman pohon Pala, di Desa Bukit Durian, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, pada Senin 26 Februari 2024.

Diketahui, penanaman pala pada lahan seluas 6000 hektare tersebut sebagai bagian dari agenda Sidang ke-36 GPM Klasis Ternate.

Lahan itu merupakan hasil tukar guling dengan tanah milik gereja di Soasiu, Tidore, yang pernah dilanda konflik tahun 1999. Dimana sebagai wujud dari ikatan historis GPM dengan kesultanan Tidore sejak dahulu, yang sebagian besar Soa Tobaru, merupakan warga gereja GPM.

"Sejak tahun 2021 GPM telah mencanangkan 3 GKM, yaitu Gerakan Keluarga Menanam, Gerakan Keluarga Melaut dan Gerakan Keluarga Memasarkan hasil produksi ekonomi," ucap Pdt. E.T Maspaitella, Ketua Sinode GPM, yang didampingi Pdt.S.I Sapulette, Sekretaris Umum GPM.

Ia bilang, aksi penanaman pala ini adalah bentuk nyata dari Gerakan Keluarga Menanam, khusus tanaman khas daerah, seperti pala dan cengkih serta aneka buah-buah khas Maluku dan Maluku Utara.

Baca juga:

Gerindra Raih Suara Maksimal di Ternate, Jamian: Berkat Kepercayaan Masyarakat

Rumah Kontrakan di Ternate Ludes Terbakar

Pantau PSU, Bawaslu Ternate Apresiasi Desk Pemilu

"GKM dalam dimensi keluarga menanam bertujuan pula untuk melindungi tanah-tanah milik keluarga sebagai satuan tanah di dalam satu negeri/desa," katanya.

"Hal itu dapat menolong proses perlindungan atas lahan dan juga advokasi lingkungan dengan menggalakan penanaman tanaman endemik atau potensi unggulan daerah," tandasnya.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Rls
Editor: Redaksi

Baca Juga