Program Kerja 2020

Melihat Mega Proyek Disperkim Kota Ternate 2020

Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Ternate, Nuryadin Ahmad, saat diwawancarai di kantornya, Kamis 16 Januari 2020 || Foto : Awi/Hpost

Ternate, Hpost - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kota Ternate atau disingkat Disperkim, tengah melakukan sebuah program besar pada 2020. Program itu ialah pembuatan anjungan bagi pedagang kuliner di samping Terminal Penumpang Gamalama dan penataan kawasan kumuh rumah warga di Kelurahan Kampung Makassar Timur.

Guna mensukseskan program tersebut, dinas yang dinahkodai Nuryadin Rahman melakukan rapat tertutup dengan Satker Kotaku dari Kementerian PUPR, di Kantor Walikota sekitar pukul 16:00 WIT, Kamis 16 Januari 2020.

Ditemui sejumlah awak media usai rapat, Nuryadin Rahman menjelaskan, dua program mega proyek tersebut akan diusulkan ke Kementerian PUPR di Jakarta waktu dekat ini.

Pertama, pembuatan anjungan bagi pedagang kuliner kepada 47 pedagang yang akan direlokasi disamping Pasar Modern Hypermart.

"Saya tegaskan kembali, anjungan hanya untuk 47 pedagang sesuai data yang kami pegang. Jangan sampai begitu anjungan selesai dibuat, ada pedagang "siluman" yang muncul tiba-tiba. "tegasnya.

Dan, penataan kawasan dan rumah kumuh di Kelurahan Kampung Makassar Timur.

Kawasan tersebut lanjut Nuryadin, akan ditata menjadi kawan perumahan semi modern. Dengan bangunan rumah baru berskala 10x12 meter persegi satu lantai.

"Bukan hanya rumah, tapi kita tata juga akses jalan sampai drainase. Jangka pendek, kita buat 104 unit dulu, dan jangka panjang 200 unit lebih. Prinsipnya, warga yang berada dikawasan tersebut, pasti menempati unit baru, namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. "janjinya.

Meski begitu, Nuryadin belum bisa memastikan berapa serapan pau anggaran program mega proyek tersebut, lantaran baru sebatas usulan.

"Mudah-mudahan diterima. Kalau dihitung-hitung, anjungan bisa menelan anggaran sekita Rp15 Miliar, sedangkan penataan kawasan kumuh belum dihitung karena besarannya akan diketahui usai diterima usulan tersebut. "jelasnya.

Seraya berharap, khusus warga kawasan Kampung Makassar Timur, dapat bekerjasama dan mendukung program ini.

Penulis: Awi
Editor: Red

Baca Juga