Petani Kelapa

Hilirisasi Industri Kelapa, BPD Maluku-Malut Dukung Pembiayaan Kredit untuk Petani

Rombongan Pemprov Maluku Utara diterima oleh Direktur Utama dan Komisaris Utama Bank Maluku Malut di kantor pusat Bank Maluku Malut di Ambon || Foto : Istimewa

Sofifi, Hpost - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Maluku-Maluku Utara memastikan dukung Program Pemprov Malut kembangkan Korporasi Petani. Dukungannya adalah dari aspek pembiayaan melalui penyaluran kredit dengan skema bunga 0 persen terhadap petani.

Kepastian dukungan itu dijajaki dalam pertemuan bersama Direksi Bank Maluku, Jumat 13 Maret 2020, di kantor Pusat Bank Maluku- Maluku Utara (Malut), Kota Ambon.

Dalam pertemuan itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) diwakili Maluku Utara, Kepala Badan Keuangan dan Asset Daerah, Bambang Hermawan, Staf Khusus Gubernur Bidang Ekonomi. Sahrin Hamid, Kepala Biro Ekonomi, Hasby Pora, Perwakilan Dinas Perdagangan dan Industri, Irenne, dan perwakilan Dinas Pangan, Syari

“Kami telah sepakat menjajaki kerjasama antara Pemprov  Maluku Utara dan Bank Maluku-Malut dalam rangka penyaluran kredit bagi petani Maluku Utara, dalam rangka hilirisasi industri kelapa,” Staf Khusus Gubernur Bidang Ekonom, Sahrin Hamid.

Sahrin bilang, pihaknya telah menjadwalkan penyaluran semester pertama di tahun ini kepada 2.500 petani di Malut. Untuk itu, metode penyalurannya akan disosialisai terlebih dahulu agar petani dapat menyiapkan kelengakapan yang diminta bank.

“Sasarannya di Maluku Utara sesuai dengan titik industri yang akan dibangun. Teknisnya masih ada pembicaraan lebih lanjut akan dilaksanakan di Ternate pada minggu depan, sekaligus melengkapi administrasi,” kata Ko In, sapaan akrab Sahrin Hamid.

Sahrin berharap, dukungan pembiayaan bagi petani pemilik kelapa agar dapat menjadi bagian dari ownership industri yang dibangun.

“Jadi kita intinya ini manjadi skema besa membangun korporasi petani di Maluku Utara,” tutupnya.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga