Sekilas Info

Covid-19

Update: OTG Bertambah 30 Orang, Satu Pasien PDP Diisolasi

Foto: Halik DJ

Ternate, Hpost - Berdasarkan hasil yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, terkait hasil laboratorim Orang Tanpa Gejala (OTG), meningkay menjadi 75 orang, dari sehari sebelumnya 45 orang.

"Penambahan 30 oramg OTG itu dari Ternate berdasarkan hasil penyeledikan epimiologi. Sedangkan sedangkan PDP berkurang 2 orang yakni dari Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Utara, dipulangkan setelah menerima hasil specimen," kata Juru bicara Gugus Tugas dan Penanganan Percepatan Covid-19 Provinsi Maluku Utara yang disampaikan oleh dr Rosita Alkatiri, pada Konfrensi pers, Sabtu 4 April 2020.

Kategori OTG merupakan orang yang telah melakukan kontak erat yakni kontak fisik atau berada dalam ruangan saat berkunjung  dengan radius 1 meter.

“Orang yang kontak dengan kasus pasien dalam pengawasan atau konfirmasi, dimana dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala," kata dr Rosita.

Berdasarkan hasil pengolahan data di pusat data dan informasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kota Ternate.

Satu Pasien PDP Diisolasi

Selain itu, penambahan satu pasien berstatus PDP sudah masuk isolasi RSUD Chasan Boesoirie Ternate. Sebelumnya pasien telah berkurang dua orang berdasarkan hasil specimen yang diterimanya, yakni satu orang perempuan berusia 51 tahun asal Halmahera Barat dan satu orang pria asal Halmahera Utara dengan Usia 71 Tahun telah dipulangkan.

Namun terjadi penambahan Satu orang PDP yang baru di masukkan di Ruang isolasi RSUD Chasan Boesorie Ternate pada Jumat 3 April 2020 kemarin. Pasien tersebut memiliki Riwayat perjalanan dari Kalimantan.

Sehingga untuk sementara pasien dengan status kasus PDP Covid-19 sebanyak 6 orang yang di isolasi di RSUD Ternate.

Rosita menyebutkan, jumlah ODP 333 orang. Sementara jumlah PDP yang tadinya 8 orang, berkurang menjadi 6 orang. Sementara 1 orang masih dinyatakan positif covid-19, masih menunggu hasil tes spesimen kedua.

Penulis: Awi
Editor: Ata/Red

Baca Juga