Sekilas Info

Covid

Anggota Komisi IV Deprov Desak Gugus Kabupaten/kota Jemput Pelaku Perjalanan di Ternate

Abdul Malik Sillia, Anggota Komisi IV, DPRD Maluku Utara, || Foto: Firjal

Ternate, Hpost – Anggota Komisi IV DPRD, Provinsi Maluku Utara, Abdul Malik Sillia, mendesak agar tim gugus di seluruh kabupaten/kota menempatkan anggotanya untuk menjemput pelaku perjalanan yang masuk di Ternate, melalui Pelabuhan Ahmad Yani dan Bandara Baabullah.

“Saya minta setiap Gugus Tugas mengirim personil anggotanya untuk menjemput pelaku perjalanan di dua pintu masuk itu,” kata Malik kepada Halmaherapost.com, Jumat 17 April 2020, malam ini.

Menurut malik, penempatan anggota tim gugus tugas dari setiap kabupaten/kota di Ternate, akan membantu verifikasi pencegahan covid di Maluku Utara.

Permintaan tersebut dimaksudkan untuk memperketat jalur masuk yang tampak longgar seperti penanganan 259 penumpang yang menumpangi KM Doro Londa, Kamis 16 April kemarin.

Tim kabupaten/kota, kata Malik, bisa menyewa bis dan speedboat untuk menjemput pelaku perjalanan. Tim gugus juga diharapkan bisa berkoordinasi dengan ASDP agar penjemputan pelaku perjalanan dari kabupaten/kota bisa menggunakan Ferry.

“Semua punya anggaran Covid. Jadi manfaatkan anggaran itu untuk pencegahan dini di pintu masuk.  Gugus Tugas provinsi tetap bekerja untuk membantu anggota gugus kabupaten/kota,” papar Malik yang juga sebagai anggota Pansus Covid-19 Maluku Utara.

Oleh karena itu, Malik meminta agar bidang pencegahan covid Provinsi Maluku Utara segera berkomunikasi dengan gugus tugas kabupaten/kota untuk pencegahan di pintu masuk utama.

“Jadi tidak sebatas koordinasi. Tapi harus segera eksen. Besok atau lusa ini harus dijalankan,” desak Malik.

Sekadar diketahui, 3 dari 4 pasien Positif Covid-19 di Maluku Utara, adalah pelaku perjalanan yang dari zona merah, Bandung  Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga