Sekilas Info

Covid-19

Hasil Swab Tes Puluhan Spesimen Dinanti, OTG Terus Meningkat

Foto: Firjal

Ternate, Hpost – Sebanyak 51 spesimen menunggu hasil pemeriksaan Swab Test yang telah dikirim ke Makassar Minggu 26 April kemarin. Sementara Orang Tanpa Gejala terus meningkat dan tersebar merata hampir di semua kabupaten kota di Maluku Utara.

“Iya, hasil spesimen belum ada. Jumlah itu 10 spesimen diantaranya Follow up atau pemeriksaan tahap kedua,” kata dr Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, kepada Halmaherapost.com.
Sebagaimana diketahui, pengiriman spesimen ke Makassar menggunakan pesawat Hercules milik TNI. Alwia bilang, jika waktu normal hasil spesimen dapat diterima dengan jangka 2-3 hari.

Sementara itu, dalam data gugus tugas yang dirilis, Selasa 28 April 2020, sore tadi menyebutkan, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG), terus meningkat 20 kasus menjadi 458 orang. Jumlah akumulasi OTG sebanyak 530 orang, sementara 72 orang diantaranya telah melewati masa pemantauan.

“29 orang itu dari hasil tracking kontak pasien terkonfirmasi positif sebelumnya di Kabupaten Halmahera Barat, Halmahera Selatan Halmahera Utara, Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate,” papa Alwia dalam rilis yang diterima Halmaherapost.com.

Data Gugus Covid menyebutkan, di Kota Ternate terdata sebanyak OTG 159, Kota Tidore Kepulauan sebanyak 125 orang, Halmahera Utara sebanyak 82 orang, Halmahera Selatan sebanyak 68 orang, Halmahera Barat 23 orang, Halmahera Tengah hanya 1 orang. Sementara Kabupaten Pulau Morotai, Taliabu dan Sula belum ada yang terdata sebagai OTG atau masih dalam zona hijau.

Penulis: Red

Baca Juga