Bantuan Sosial

3914 BLT Kemensos di Kepulauan Sula Disalurkan Pekan Depan

Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, saat diwawancarai wartawan Kamis 7 Mei 2020, malam lalu || Foto: Hartati Panigfat

Sanana, Hpost - Sebanyak 3.914 Bantuan Langsung Tunai dari Kementerian Sosial akan disalurkan di Kabupaten Kepulauan Sula, pada pekan depan.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes, saat dikonfirmasi usai diskusi Online di Istana Daerah (Isda), Kamis Malam 7 Mei 2020, mengatakan, skema Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disiapkan sebanyak 7.000 penerima, namun Kementerian Sosial (Kemensos) mengeluarkan BLT-nya 3914, sehingga tersisa 3086 BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD).

"Dengan itu alokasi DD itu cukup besar, olehnya itu salurkan nanti panjang waktunya, karena tidak diketahui kapan berakhir. Jangan berasumsi 3 bulan berakhir, kalau bisa enam sampai tujuh bulan, karena cukup besar anggaran BLT, " kata Bupati.

Menurut Bupati, Kabupaten Kepulauan Sula keterlambatan pemberian disebabkan karena masih banyaknya Kartu Keluarga dan KTP belum elektronik. Alhasil, terdapat data tumpang tindih sehingga masih diperbaiki.

“Tapi sudah dikirim datanya ke Kemensos. Dan 2000 lebih sudah langsung dicetak rekeningnya. Bantuan akan disalurkan via post dan bank. Karena kesulitan daerah maka solusinya lewat post juga, " ungkapnya.

Bupati mengabarkan, penyaluran bantuan dari Kemensos akan menggunakan aula kecamatan.

"Ada dua BLT, ada BLT Kemensos dan BLT DD juga ada, jadi beda BLT nya. Sementara kuota dari Kemensos 3914 masih sisa 3000 lebih itu masih bisa bertambah, itu baru prediksi saja,” ungkapnya.

Bupati berjanji tim pendataan segera merampungkan verifikasi data agar pekan depan dapat disalurkan. Ia meminta agar, tim bekerja cepat sehingga BLT dapat disalurkan di minggu ketiga Ramadhan.

"Satu minggu sebelum lebaran sudah bisa dipakai, itu dana BLT DD maupun BLT Kemensos dan sembako dari Pemda," janjinya.

Penulis: Tat
Editor: Red

Baca Juga