Sekilas Info

Covid-19

Bertambah 1 Kasus, Transmisi Lokal Mulai Terdeteksi di Halmahera Barat

Data Covid-19 Maluku Utara, Rabu 20 Mei 2020.

Ternate, Hpost - Setelah Ternate, kini transmisi lokal Covid-19 atau Corona Virus terdeteksi di Kabupaten Halmahera Barat, setelah warga Desa Payo, Kecamatan Jailolo terkonfirmasi posfitif berdasarkan hasil pemeriksaan melalui TCM Tes Cepat Molekuler) di RSUD Chasan Boesoirie, Ternate. Rabu 20 Mei 2020.

“Pada hari ini kami telah menerima hasil pemeriksaan melalui TCM di RSUD Chasan Boesoirie sebanyak 3 spesimen (3 orang) dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif 1 orang dari Kabupaten Halmahera Barat,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr. Alwia Assagaf dalam rillis.

Dengan demikian lanjut Alwia Assagaf, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Maluku Utara menjadi 96 orang, selanjutnya kasus baru ini disebut sebagai kasus 96.

“Pasien 96 jenis kelamin laki-laki berinisial SM umur 59 tahun status PDP asal desa Payo Jailolo Halmahera Barat dan tidak memiliki riwayat perjalanan,” kata Alwia yang juga Ketua Wilayah IDI Malut.

Di Desa Payo sendiri sebelumnya sudah ada 1 pasien positif Covid-19. Sedangkan desa tetangganya, Payo Tengah, terdapat 2 pasien positif. Total kasus terkonfirmasi positif di Halbar saat ini sebanyak 4 orang.

Sedangkan secara keseluruhan di Halmahera Tengah ada 2 kasus terkonfirmasi positif, Halmahera Utara 8 kasus, Halmahera Selatan 2 kasus, Pulau Morotai 7 kasus, Kepulauan Sula 4 kasus, Halmahera Timur 1 kasus, Ternate 55 kasus dan Tidore Kepulauan 13 kasus.

Data pemeriksaan Rapid Test di Maluku Utara, Rabu 20 Mei 2020

Sementara itu, jumlah pasien yang dirawat di RSUD Chasan Boesorie sebanyak 18 orang, yakni 16 kasus positif Covid-19, 1 PDP dan 1 ODP. Sedangkan yang menjalani karantina di Sahid Hotel sebanyak 60 orang dengan rincian 43 pasien terkonfirmasi positif, 11 otg, dan 6 orang pelaku perjalanan.

“Untuk pemeriksaan rapid test tercatat sudah 214 orang reaktif yaitu 90 OTG, 44 ODP, 7 PDP dan 73 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

Penulis: Red

Baca Juga