Sekilas Info

Lingkungan

DPR RI Pelesir ke Danau Duma, Revitalisasi Eceng Gondok Ditargetkan Selesai 2024

Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan Azis Syamsuddin berserta rombongan saat berdiskusi langsung dengan masyarakat di Danau Duma. Foto: Humas BWS Malut.

Tobelo, Hpost - Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan Azis Syamsuddin bersama Anggota DPR RI Dapil Maluku Utara Alien Mus meninjau lokasi revitalisasi Danau Duma, di Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara pada Sabtu 1 Agustus 2020, kemarin.

Kedatangan rombongan DPR RI itu untuk melihat lokasi pembersihan eceng gondok di Danau Duma. Rombongan tersebut pun didampingi langsung oleh Wakil Bupati Halmahera Utara (Halut) Muhlis Tapi Tapi beserta kepala Balai Wilayah Sungai Maluku Utara (BWS Malut) Bebi Hendrawibawa dan rombongan.

Di tengah kunjungan terlihat sejumlah petugas BWS Malut melalui Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA II sedang bekerja melakukan pembersihan permukaan danau, yang ditumbuhi enceng gondok.

Selain itu, ada pula masyarakat setempat yang datang untuk menyampaikan aspirasi kepada Wakil Ketua DPR RI. Mereka--masyarakat mengharapkan adanya upaya maupun bantuan mempercepat penanganan eceng gondok di Danau Duma.

Kuba Labiua, masyarakat sekitar Danau Duma berharap, dengan Kedatangan Wakil ketua DPR RI di Danau Duma ini, beliau bisa mengawal proses penanganan danau ini ke pusat.

Wakil Bupati Halmahera Utara Muhlis Tapi Tapi (Kemeja Puti menghadap ke kanan), Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan Azis Syamsuddin (Baju kuning), dan Kabalai BWS Malut Bebi Hendrawibawa saat berada di lokasi Danau Duma. Foto: Humas BWS Malut.

“Selain itu, niat baik telah dilakukan BWS Malut dan Pemda Halut, bisa menjadi solusi menyelesaikan permasalahan di Danau Duma,” ucap Kuba, Sabtu 1 Agustus 2020

Azis Syamsuddin, wakil ketua DPR RI, di hadapan masyarakat mengatakan, pihaknya telah mendiskusikan terkait kondisi dan situasi di Danau Duma, dengan Bupati halut  bersama kepala BWS Malut,

“Namun ada hal-hal administrasi yang perlu dipenuhi, maka dari  itu, sudah saya sampaikan melalui telepon kepada ibu Menteri Keuangan dan bapak Dirjen bagian anggaran baku, untuk segera merealisasikan penanganan anggaran ini, mudah-mudahan tidak membutuhkan waktu lama,” ungkap Azis, dalam rilis yang diterima cermat, Minggu 2 Agustus 2020.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan Azis Syamsuddin (Baju kuning), dan Kabalai BWS Malut Bebi Hendrawibawa saat berada di lokasi Danau Duma. Foto: Humas BWS Malut.

Kepala BWS Malur Bebi Hendrawibawa mengatakan, kedatangan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di lokasi pekerjaan swakelola pengangkatan eceng gondok Danau Duma memberi harapan dan jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan eceng gondok.

“Pihak BWS Malut akan melakukan secara bertahap pengembangan Danau Duma, yaitu fisik dan non fisik antara lain kajian vegetasi di tahun 2021 dan tahun 2022. Kita melakukan pekerjaan secara fisik mungkin ditargetkan di 2024 permukaan danau sudah mulai membaik,” ungkap Bebi.

Selain itu, Wakil Bupati Halmahera Utara Muhlis Tapi Tapi menyampaikan terima kasih atas perhatian BWS Malut ke Halut. Meski di masa Pendemi  COVID-19, keadaan keuangan Negara menurun drastis, semua serba terbatas, namun Kabalai BWS Malut dangan Pemda Halut berkomitmen untuk tetap menjalankan revitalisasi Danau Duma.

“Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Pusat, Kementerian PUPR, dan Daerah terhadap masyarakat Halut. Saya berharap masyarakat harus siap memberikan keamanan dan kenyamanan untuk menjalankan pekerjaan ini,” ujar Muhlis.

Penulis: Ais
Editor: Red

Baca Juga