Pilbup

Ini Orasi Politik FAM-SAH di Mangoli Tengah saat Kampanye Perdana

Colon Bupati Sula, FAM-SAH saat dijemput warga || Foto: Tat/Hpost

Sanana, Hpost - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Fifian Adeningsih Mus-M. Saleh Marasabessy (FAM-SAH) kampanye perdana tiga desa di Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepsul, Senin (28/9/2020).

Kedatangan pasangan nomor urut tiga ini disambut hangat pendukung dan simpatisan. FAM-SAH saat berlabuh di Desa Mangoli langsung disambut dengan tarian cakalele.

Calon wakil bupati, M. Saleh Marasabessy dihadapan pendukungnya menyampaikan, dirinya bersama Fifian Adeningsi siap memberikan solusia untuk mewujudkan Sula bahagia dan sejahtera.

"Apa arti bahagia itu sesuai dengan visi-misi yang kami sampaikan, bahagia adalah tanda kesyukuran kita yang hakiki terhadap kehidupan kita, kesyukuran itu dalam bentuk keamanan, kesyukuran itu dalam bentuk keadilan, kesyukuran itu dalam bentuk kejujuran untuk bagaimana kita membangun negeri yang sama-sama kita cintai ini," katanya.

Menurut M. Saleh, salah satu masalah urgen di Kepsul adalah belum maksimalnya pengelolaan sumber daya alam yang melimpah di Kepsul. Kondisi ini makin di perparah dengan buruknya sumber daya manusia di pemerintahan.

"Sumber daya aparatur kita semakin hari semakin buruk. Kita punya tenaga-tenaga profesional, sebagian besar dinonjobkan dan akhirnya lari ke Taliabu," bebernya.

Akibatnya, nelayan di Sula juga tidak mampu mengelola sumber daya perikanan di Sula dengan baik. Sebab, kata Saleh, Sula belum punya kawasan pengembangan perikanan yang bisa mengangkat harkat masyarakat nelayan secara maksimal.

"Kita juga belum punya kawasan pengembangan pertanian yang bagus, yang bisa mengembangkan pendapatan masyarakat, begitu juga dengan sektor-sektor yang lain seperti home industri. Semua ini tidak lain dan tidak bukan, bagaimana untuk kita menciptakan lapangan kerja, kita punya aset sumber daya manusia yang begitu banyak tidak dimanfaatkan," tandas M. Saleh.

"Oleh karena itu, paket ini menjadi paket yang akan menjadi perhatian utama saudara-saudara kita, generasi-generasi yang ada ini," tambah Saleh.

Sementara, Fifian Adeningsi Mus mengatakan, kehadiran sebagai kontestan di Pilkada kali ini karena didorong oleh sejumlah pihak salah satunya datang dari keluarga besar Yana Sua di Taliabu.

"Keluarga besar Yana Sua di Taliabu menginginkan saya harus mencalonkan diri sebagai calon kupati di Sula," katanya.

Adik kandung mantan Bupati Kepsul dua periode Ahmad Hidayat Mus itu mengaku, tidak lupa dengan Kepulauan Sula meski berada di Taliabu. Perkembangan di Kepsul selalu Ia ikuti dari Taliabu.

"Walaupun saya di Taliabu, tetapi perkembangan Sula saya selalu ikuti terus," ujar Fifian.

Diakhir orasi politiknya, putri ke tiga dari keluarga Mus ini mengajak kepada kaum perempuan dan seluruh masyarakat Sula untuk memilih FAM-SAH pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kita perempuan ini kerja dengan hati. Kita perempuan ini sama, cubit di kulit rasa di tulang," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Paslon FAM-SAH menjalani kampanye perdananya dari Desa Jere, Desa Mangoli dan Desa Waitulia di Kecamatan Mangoli Tengah yang masuk dalam zona C.

Penulis: Tat
Editor: Firjal

Baca Juga