Sekilas Info

PAW DPRD

PAW Empat Anggota DPRD Halmahera Barat Menunggu Pleno KPUD

Sekwan DPRD Halbar Hajija Sergi || Foto: Ari/Hpost

Jailolo, Hpost - Jadwal pelaksanaan paripurna pergantian antar waktu (PAW) empat anggota DPRD Halmahera Barat, yang mengajukan permohonan pengunduran diri untuk maju di Pilkada serentak, yang direncanakan bakal digelar dalam bulan ini menunggu pleno KPUD Halmherra Barat.

Usulan pengunduran diri empat anggota DPRD diantaranya James Uang (Demokrat), Jufri Muhammad ( NasDem), Denny Palar (Hanura) serta Iksan Hi.Husain (PKB), yang secara resmi telah disampaikan ke pimpinan DPRD, hingga saat ini masih menunggu proses pleno oleh KPUD Halmahera Barat.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Halmahera Barat Hajija Sergi, Senin 5 Oktober 2020 di Kantor DPRD Halbar mengaku, mekanisme pergantian empat anggota DPRD yang mengundurkan diri untuk maju di Pilkada serentak itu, sebelumnya juga sudah ditindaklanjuti unsur pimpinan DPRD ke KPUD Halbar.

Dimana, oleh KPUD mengembalikan dokumen untuk dilengkapi, salah satunya surat pengunduran diri. Namun soal itu, KPUD juga telah berkoordinasi dengan sekretariat dewan, yang menyampaikan bahwa surat tersebut justru berada di KPUD saat dimasukkan oleh mereka saat mendaftarkan diri ke KPUD.

"Soal surat ini juga KPUD sudah berkoordinasi dengan kami terkait permintaan bukti surat permohonan diri yang tidak dilampirkan dalam penyampaian ke KPUD.Tapi sudah saya sampaikan surat itu sudah ada di KPUD bukan di DPRD," terangnya.

Menurut Hajija, proses PAW empat anggota DPRD tersebut, setelah dari KPUD selanjutnya bakal ditindaklanjuti ke Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) untuk di SK kan, selanjutnya digelar rapat paripurna.

"Paling lambat di dalam bulan ini sudah dilakukan proses pelantikan," katanya.

Sekadar diketahui empat calon anggota DPRD Halbar, yang dipastikan bakal dilantik, berdasarkan perolehan suara terbanyak kedua diantaranya, Roni Giop yang bakal menggantikan James Uang dari Partai Demokrat Dapil III Ibu-Loloda. Marcela Tampi yang bakal menggantikan Denny Palar dari Partai Hanura Dapil III Ibu-Loloda.

Herman Josep Moanura yang bakal menggantikan posisi Jufri Muhammad dari partai NasDem dapil I Jailolo-Jailolo Selatan, serta Helny yang bakal menggantikan Iksan Hi.Husain dari partai PKB dapil I Jailolo-Jailolo Selatan.

Penulis: Ari
Editor: Red

Baca Juga