Sekilas Info

Pilkada Halsel

BK Bergabung, Kemenangan HUMANIS di Pilbup Halmahera Selatan di Depan Mata

Bahrain Kasuba. (Istimewa)

Bacan, Hpost - Bukan rahasia umum, kalau seorang Bahrain Kasuba (BK) tidak bisa mengikuti Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) tahun 2020.

Bupati aktif itu, awalnya digadang-gadang sebagai salah satu Bakal Calon (Balon), namun justru gagal lantaran tidak memenuhi syarat pencalonan, berupa jumlah perolehan kursi di Parlemen.

Dalam prosesnya, BK dan kuasa hukumnya sempat mengajukan sengketa atas Keputusan KPUD Kabupaten Halsel ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Ambon, Maluku, tapi ajuan tersebut ditolak.

Alhasil, suksesi Pilbup Kabupaten Halsel hanya diikuti dua Pasangan Calon (Paslon) saja. Yakni Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan nomor urut 1 dan Usman Sidik dan Bassam Kasuba nomor urut 2.

Sebuah video berdurasi singkat, yang diterima Redaksi Halmaherapost.com memperlihatkan, BK menyempatkan diri bertemu dengan simpatisan serta pendukungnya, di Kabupaten Halsel beberapa waktu lalu.

Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan || Layank/Hpost

Dihadapan, BK menegaskan diirinya mendukung Helmi Umar Muchsin dan La Ode Arfan.

"Sebagai seorang Bupati dan seorang negarawan, saya tetap harus netral. Tetapi sebagai Bahrain Kasuba, saya tetap ke satu (1). Sembari mengangkat satu telunjuknya, yang diikuti gemuruh dan tepuk tangan dari simpatisan serta pendukungnya," katanya dalam video.

BK mengatakan, dirinya tidak mengajak stakeholder untuk bergabung dalam panggung politik 2020. Akan tetapi, dirinya yang akan terjun ke panggung politik 2020 ini.

"Semua orang butuh panggung. Dan 2020 ini, panggung saya adalah nomor urut satu (1)," ungkapnya.

Untuk lebih menekankan pilihan politiknya, di Pilbup Kabupaten Halsel 2020 ini. BK mengatakan dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar konferensi pers.

Penulis: Red
Editor: Red

Baca Juga