Sekilas Info

Sepak Bola

TPL Musim 2020-201 Resmi Dihelat

TPL dibuka dengan sejumlah seremoni || Istimewa

Ternate, Hpost - Mengambil lokasi di Stadion Gelora Kie Raha, Ternate Premier League (TPL) musim 2020-2021, akhirnya resmi dihelat Jumat 20 November 2020, malam tadi.

Diikuti 23 klub dan 600 pemain asuhan Askot PSSI Ternate, TPL dibuka dengan sejumlah seremoni. Diantaranya tarian soya-soya, parade bendera klub-klub sembari diiringi team song TPL.

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro membuka secara resmi TPL musim 2020-2021, dalam sambutannya menyampaikan selamat atas terselenggaranya TPL. Yang mana, event sepakbola seperti ini, tidak ada di tahun ini.

"Liga Nasional pun belum bergulir, jadi saya ucapkan selamat," ungkapnya.

Pencangan Ternate sebagai Kota Sepakbola, mungkin akan terwujud mengingat banyak klub dan atlet yang berprestasi. Karena kontribusi tersebut dicatat PSSI, sebagai sumbangsih besar dan kontribusi bagi Nasional.

"Banyak pemain sepakbola hebat,. yang berasal dari Ternate. Tentunya, memberikan prestasi bagi Indonesia," tukasnya.

Parade bendera klub-klub di acara pembukaan TPL || Istimewa

Ketua Askot PSSI Kota Ternate, Muhdin Taha juga dalam sambutannya mengatakan, selam Askot berdiri, sudah melahirkan sebanyak 1.463 atlet. Yang mana atlet sebanyak itu, sangat mungkin untuk mencanangkan Ternate sebagai Kota Sepakbola.

Sepakbola Ternate memiliki sejarah panjang, meski tidak pernah menjuarai Liga Indonesia, namun sepabola Ternate selalu menjadi sorotan, setiap mengikuti event baik skala lokal maupun Nasional.

"Saya berharap, kita semua bangkitkan gairah sepakbola Ternate dan Maluku Utara," harapnya.

Sambutan selanjutnya, Ketua KONI Kota Ternate, Lukman Poli. Menurutnya, kehadiran TPL musim 2020-2021 sangat berpengaruh karena dilangsungkan ditengah pandemi tahun ini, namun tidak mengesampingkan protokol kesehatan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, selaku salah satu sponsor terbesar, memberikan sumbangsih dengan akan melahirkan Peraturan Daerah (Perda) Olahraga.

"Sepakbola Ternate dari tahun ke tahun terus berkembang. Yang pada hasilnya, mencanagkan Ternate sebagai Kota Olahraga.

Kota Sepakbola, bukan serimoni belaka. Karena untuk mewujudkan hal itu, Ternate dan Maluku Utara akan mengadakan event sepakbola berkelanjutan," janjinya.

TPL musim 2020-2021 bukan tanda pa tujuan, selain pembinaan. Hasil TPL akan dibentuk tim Persiter Ternate yang baru. Yang pastinya, akan bertarung pada Liga III dan mungkin naik kasta di tahun depan, dengan menjadi kontestan Liga II Indonesia.

Terakhir, Ketua Panitia TPL musim 2020-2021, Nyong Barakati menyampaikan TPL akan berlangsung selama 14 pekan, dengan menggunakan dua stadion, yang melibatkan 50 wasit serta 46 pelatih bersilensi B, C dan D PSSI.

"Terimakasih kepada semua sponsor dan media patner, atas terselenggaranyan TPL musim 2020-2021," pungkasnya.

Penulis: Awi
Editor: Awi

Baca Juga