Sekilas Info

Infrastruktur

Pelabuhan Matui Halmahera Barat Bakal Dijadikan Pelabuhan Utama

Aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Matui || Ist.

Jailolo, Hpost - Pelabuhan Matui di Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), bakal dijadikan satu dari sekian pelabuhan utama di Maluku Utara (Malut).

Hal itu diungkapkan Pjs Bupati Kabupaten Halbar M.Rizal Ismail saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 4 Desember 2020.

Dikatakan, baru-baru ini Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Malut, telah mengusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, atas perubahan tersebut.

Selain dijadikan pelabuhan utama, Dishub juga meminta kenaikan status. Yang mana, perubahan tersebut bisa menyetarakan Pelabuhan Matui, seperti Pelabuhan Ahmad Yani di Kota Ternate.

"Setahu saya, kalau terjadi perubahan status. Pemkab harus memperluas areal pelabuhan, tentunya dilengkapi dengan sertifikat. Karena kalau sudah ada sertifikat, maka perubahan status tadi bisa dipercepat," jelasnya.

Sejauh ini, sambung M. Rizal Ismail, Pemkab telah melakukan pembebasan lahan seluas 6 hektar. Namun hingga kini, sertifikat atas perluasan tersebut belum juga ada.

Padahal, keberadaan Pelabuhan Matui dinilai sangat strategis, karena satu-satunya pelabuhan di Maluku Utara yang berdekatan dengan kabupaten dan kota disekitarnya.

"Sisi darat dan laut pelabuhan cukup bagus dan strategis, tidak salah kalau Pemprov mau jadikan satu dari sekian pelabuhan utama.

Tapi kalau sudah bersertifikat, pembangunan tahun depan sudah berjalan," kata eks Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai itu.

Seraya menambahkan, bila Pelabuhan Matui telah menjadi pelabuhan utama, dan berganti status. Maka, biaya pengerjaannya akan sepenuhnya masuk pada APBN.

Penulis: Yad
Editor: Awi

Baca Juga