Kebencanaan

BPBD Kota Ternate Usul Anggaran Penanganan Bencana Rp 64 Miliar

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ternate, M. Arif Gani. || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Tahun ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, mengusulkan alokasi anggaran ke pusat sebesar Rp 64 miliar.

“Usulan anggaran tersebut diperuntukan untuk penanganan bencana alam di Kota Ternate,” ujar Kepala BPBD Kota Ternate, M. Arif Gani, Selasa 23 Maret 2021.

Seperti, lanjut Arif, pembangunan talud penahan ombak di Kelurahan Takome. “Untuk di Kelurahahan Sulamadaha dialokasikan melalui APBD,” katanya.

Selain itu, terdapat juga tempat pengungsian bagi korban bencana atau Selter pengungsi. “Usulan resminya sudah disampaikan. Nanti dimonitoring pusat. Jadi ada 3 titik yang kami usulkan,” terangnya.

Dia menambahkan, usulan tersebut bakal ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi via zoom meeting bersama BPBN yang dijadwalkan pada Jumat mendatang.

Saat ini, seluruh persyaratan usulan anggaran sudah lengkap. Namun semua kembali ke pusat, berapa besar anggaran yang bakal digelontorkan ke daerah.

Saat ini sudah masuk tahapan kualifikasi. Selain Kota Ternate, ada juga satu daerah lainnya. "Kita harap ada perhatian serius dari pemerintah pusat, apalagi wilayah Ternate kategori rawan bencana,” pungkasnya.

Penulis: Yunita Kadir
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga