Pemerintahan

Ismail Dukomalamo Resmi Menjabat sebagai Sekda Tidore Definitif

Pelantikan Sekretarus Daerah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. || Foto: Istimewa

Ternate, HpostWali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Ali Ibrahim resmi melantik Ismail Dukomalamo sebagai Sekretaris Daerah definitif.

Pelantikan tersebut dipusatkan di Aula Sultan Nuku, Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Kamis 6 Mei 2021.

Ismail menggantikan Penjabat sementara Sekda M. Miftah Baay dan Sekda definitif sebelumnya, Asrul Sani Soleman, yang meninggal dunia tahun lalu.

Baca juga: 

Sekda Tikep Tutup Usia di Penghujung Puasa, Alwia: Hasil Tes Non Reaktif

Ismail dinilai layak menjadi Sekkot Tidore karena memenuhi persyaratan administrasi serta memiliki kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan jabatan lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan, pelantikan ini sudah sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014, pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

“Saya bersama Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan mengucapkan selamat bertugas kepada Saudara Ismail Dukomalamo yang baru saja dilantik dan diambil sumpah sebagai Sekkot. Semoga menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Ia menambahkan, Sekkot harus melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik serta penuh tanggung jawab agar dapat mengkonsolidasi dan mengkoordinasikan program-program prioritas Pemkot.

“Sehingga berjalan sesuai dengan perencanaan. Sekkot juga harus mampu membaca dinamika yang berkembang di dalam masyarakat, terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan,” katanya.

Wali Kota berpesan, sebagai pejabat yang menjadi pimpinan administrasi pemerintahan, Sekkot harus menjadi motor penggerak bagi ASN untuk memiliki tiga aspek yakni kualifikasi, kompetensi dan kinerja dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

“Untuk pejabat lama, kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas selama hampir 8 bulan membantu saya dan Wakil Wali Kota,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Ismail dinyatakan terpilih sebagai Sekkot setelah melewati tahapan seleksi. Ia mengungguli dua kompetitor lain, yakni Miftah Baay dan Kepala Dinas Pertanian Tikep Imran Jasin. (Tim JMG)

Penulis: Tim JMG
Editor: Nurkholis Lamaau

Baca Juga