Wisata

Akses Jalan ke Destinasi Goa Bokimaruru di Halmahera Tengah Diperbaiki

Perbaikan akses jalan dari desa Sagea menuju destinasi wisata Gua Bokimaru

Weda, Hpost - Pengelola pariwisata Sageyen Ecotourism Desa Sagea-Kiya Kecamatan Weda Utara, Halmahera Tengah, Maluku Utara, melakukan perbaikan akses jalan menuju Goa Bokimaruru. Sejumlah fasilitas penunjang juga diperbaiki demi kenyamanan pengunjung.

"Kalau tidak diperbaiki maka musim hujan pengunjung tidak bisa melalui akses darat, harus akses laut jika menuju ke Goa Bokimaruru. Karena kalau hujan itu jalan sangat licin," kata Ketua Badan Pengelola Pariwisata Sageyen Ecotourism, M Rizal Syamsudin, Senin 10 Mei 2021, di Sagea, Weda, Halmahera Tengah.

Rizal bilang, perbaikan akses jalan menuju objek wisata Goa Bokimaruru untuk pengunjung pada saat lebaran nanti. Perbaikan jalan sekitar 600 meter itu anggarannya menggunakan uang hasil retribusi dari pengelola pariwisata Goa Bokimaruru.

"Kami sewa alat berat milik PT Samar Sejati untuk buat jalan, kebetulan mereka lagi bekerja jalan di Desa Sagea," ujarnya.

Pengelola membuat meja untuk mendukung fasilitas kepada pengunjung || Foto: Istimewa

Sebelumnya, akses jalan masuk Goa Bokimaruru dirasakan kurang nyaman oleh pengunjung ketika ingin berlibur atau berwisata.

"Dengan dana seadanya yang dikumpulkan melalui kas hasil pengelolaan wisata Goa Bokimaruru tidak menyurutkan semangat pengelola untuk memperbaiki akses jalan yang berlubang," jelasnya.

Baca juga:

BUMDes di Halmahera Tengah Diminta Aktif Promosikan Air Woye Bokimaruru

Rencana Derita Terhadap Rakyat di Halmahera Tengah dari Kehadiran Industri PT IWIP

Akses jalan wisata yang dilalui di tengah-tengah perkebunan warga itu sebelumnya memang sangat berlubang dan berlumpur membuat para pengunjung cukup kesulitan ketika ingin berwisata.

"Meskipun dengan dana yang ada, penimbunan jalan menggunakan bebatuan diharapkan dapat memberikan kenyamanan para pengunjung yang ingin berwisata ke Goa Bokimaruru," ungkapnya.

Sementara itu, Bendahara pengelola pariwisata Goa Bokimaruru, Fadli Halim, mengatakan selain perbaikan akses jalan, ada juga perbaikan fasilitas berupa gazebo, ruang ganti toilet, dan tempat parkir.

Fadli mengaku, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain seperti perahu paddle board dan pelampung ban.

"Paddle board dengan tarif per jam Rp35.000 dan benen (pelampung) tarif per jam Rp5000," tutupnya.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Firjal Usdek

Baca Juga