Kesehatan

Kota Ternate Bakal Menuju Zona Hijau Kasus COVID-19

M. Arif Gani, Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara. Foto: Ramlan Harun/JMG

Ternate, Hpost – Kota Ternate, Maluku Utara, akan menuju daerah tanpa kasus COVID-19 atau Zona Hijau. Pasalnya, saat ini kasus aktif tinggal 18 orang dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Sementara ada 10 orang lagi yang dinyatakan masih kontak erat dengan kasus aktif COVID-19.

"Jadi ini artinya masih memungkinkan ada penambahan kasus karena masih ada kontak erat yang bakal di-testing. Mudah-mudahan saja kontak erat yang di-testing ini nanti bisa negatif, sehingga kita bisa menuju zero kasus," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Ternate, Arif Abdul Gani, Senin 13 September 2021.

Baca Juga :

Arif bilang, pihak Satgas COVID-19 akan terus melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang tak patuh.

"Oleh sebab itu kita akan terus test antigen pengacakan di tempat publik. Kita mohon izin lakukan test agar bisa mengetahui apakah masih ada penularan virus di tengah-tengah masyarakat atau tidak dan itu akan kita lakukan terus menerus," ujarnya.

Ia mengaku, saat ini Ternate masih zona kuning atau resiko rendah. Sehingga sangat diharapkan akan turun terus dan bahkan Senin ini juga, pihak KSOP sudah melakukan pemeriksaan sertifikat vaksin di beberapa pelabuhan penyebrangan laut.

"Jika orang-orang tak ada kartu vaksin maka langsung dilakukan vaksin di tempat, dengan cara awal screening dan jika orang itu bergejala tak akan dilakukan vaksin, kemudian dilanjutkan untuk bepergian," pungkas Arif.

Penulis: SAR
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga