Kesehatan

Gelar Sosialisasi Percepat Vaksinasi COVID-19 Bagi Pelajar di Halmahera Utara

Suasana sosialisasi vaksinasi kepada orang tua siswa di Pondok Pesantren Al-khairaat Tobelo. Foto: Istimewa

Tobelo, Hpost – Upaya mempercepat vaksinasi COVID-19 bagi pelajar, Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa.

Kegiatan yang berpusat di Pondok Pesantren Alkhairaat Tobelo Desa Gosoma Kecamatan Tobelo tersebut Dinas Kesehatan didampingi Kodim 1508/Tobelo dan Polres setempat.

Perwakilan Dinas Kesehatan, dr. Ami, menyampaikan, semua orang pasti sudah bosan dengan pandemi, karena ke mana-mana diharuskan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak atau lainnya.

“Tapi, ini dimaksudkan agar kita tidak terpapar oleh yang namanya virus COVID-19,” ucap dr. Ami.

Baca Juga:

Ia bilang, virus COVID-19 rasanya berbeda dengan flu biasa dan kemungkinan gejala itu semakin memburuk dari hari ke hari.

“Apalagi, yang belum mempunyai daya tahan di tubuh, karena belum menerima vaksin,” katanya.

Untuk itu, semua pihak harus berupaya agar terhindar dari virus COVID-19 ini. Salah satu caranya yakni dengan melakukan vaksinasi.

“Biar anak-anak kita ke sekolah seperti biasa dengan cara bertatap muka, tidak dengan cara belajar online seperti saat ini. Untuk anak-anak sekolah kita memakai vaksin sinovac, karena efek vaksinnya lebih ringan dibandingkan vaksin jenis lain,” pungkasnya.

Wakapolres Halut Kompol Alwan Aufat, menambahkan kedatangan pihaknya ke sekolah tersebut untuk mengajak kepada orang tua wali murid, supaya memberi pemahaman kepada anak-anak agar tidak takut untuk di vaksin.

“Kita sebagai orang tua wali murid jangan percaya hoax tentang vaksin yang belum pasti kebenarannya,” ucapnya.

Senada juga disampaikan Plh. Pasi Ops Kodim 1508/Tobelo Kapten Arh Mohamad Ali. Dia mengajak orang tua agar memberi pemahaman kepada anak-anak tentang manfaat vaksin COVID-19 ini.

“Tidak usah takut dengan vaksin yang Pemerintah berikan kepada kita semua, karena sudah teruji dan terbukti aman dan halal,” pungkasnya.

Penulis: Ramlan
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga