Ekonomi

Pasar Bastiong Ternate Bakal Kena Penataan Bangunan di Tahun 2023

Suasana di Pasar Inpres Bastiong, Ternate, Maluku Utara. || Foto: Julfikar Sangaji/Hpost

Ternate, Hpost - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara melalui pihak Disperindag pada tahun 2023 bakal menata secara total sejumlah bangunan di Pasar Bastiong.

Kepala Disperindag Kota Ternate, Hasim Yusuf, mengaku sumber anggaran perbaikan pasar bastiong itu melalui pusat sebesar Rp 10 miliar.

"Usulannya sudah kita sampaikan sejak tahun kemarin dan rencananya tahun depan itu akan direhab total," ujar Hasyim, pada Rabu 12 Januari 2022.

Ia bilang, teknis pelaksanaan perbaikan gedung pasar tersebut melalui Dinas PUPR Kota Ternate. Dan para pedagang nanti juga akan direlokasi ke tempat yang lain.

"Rencananya untuk sementara tidak diperkenankan berjualan dan akan dicarikan solusi untuk relokasi ke tempat lain," ujarnya.

Baca:

Nasib Pembangunan Gelora Kieraha Ternate Menunggu Sentuhan APBN

2 Anggota Polda Maluku Utara Jadi Terduga Pelanggar Kode Etik, Begini Kasusnya

Gedung Olahraga Terbesar di Ternate tak Kunjung Dikelola

Disinggung soal keberadaan bangunan yang kerap tergenang air, Hasyim enggan menanggapi terlalu jauh. Sebab, teknisnya yang mengetahui soal itu adalah pihak Dinas PUPR.

Ia menambahkan, tahun 2022 ini pihaknya juga bakal melakukan perbaikan pada pasar kuliner, tepatnya yang berada di belakang Jatiland Mall. Anggaran yang diusulkan untuk pasar kuliner ini sebesar Rp 1,2 miliar.

"Para pedagang barito (di belakang Jatiland) ini akan diarahkan menempati di dalam Pasar Barito Bahari Berkesan agar penataan pasar bisa bagus," pungkasnya.

Penulis: SAR
Editor: Redaksi

Baca Juga