Vaksinasi

Vaksinasi Anak Mulai Disosialisasikan Dinkes Halmahera Tengah


Weda, Hpost - Dinas Kesehatan Halmahera Tengah, Maluku Utara, kini mulai melakukan sosialisasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Sosialisasi kelompok sasaran vaksinasi ini akan ditargetkan ke seluruh sekolah dasar.

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Halteng, Aidin Abdurahman kepada Halmaherapost.com, mengaku terkait vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Halteng saat ini pihaknya melakukan tahapan sosialisasi.

NEWS: Dua Warga Ternate Positif Covid-19

"Pekan kemarin itu kita sudah lakukan sosialisasi di salah satu sekolah dasar di Kota Weda, walau pun di Malut belum ada pencanangan namun kita di Halteng sudah lakukan sosialisasi begitu ada jadwal langsung dilakukan," ujarnya.

Aidin bilang, tujuan sosialisasi tersebut agar informasi yang menyangkut vaksinasi anak usia 6-11 tahun itu bisa tersampaikan kepada orang tua siswa.

Jika informasi ini tersampaikan, menurut Aidin, hal itu dapat mengurangi atau setidaknya mencegah berita hoaks yang kerap membuat orang tua atau masyarakat ketakutan dan enggan melakukan vaksinasi.

"Untuk sasaran vaksinasi itu anak sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 5," katanya. Pihaknya menargetkan supaya Halteng mencapai 70 persen untuk semua kelompok sasaran vaksinasi.

Baca:

PT IWIP Bakal Diberi Sanksi Jika Terbukti Cemari Laut

Bangunan Pasar Tanpa Izin di Ternate Dibongkar

Kelompok Tani Desa Masure, Halmahera Tengah Terima Bantuan Bibit

"30 persen untuk dosis pertama dan 40 persen untuk dosis kedua. Karena semua ini memang dikembalikan ke orang tua siswa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Halteng, Ridwan Salidin, mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ke orang tua siswa diharapkan vaksinasi tersebut segera terlaksana.

"Karena vaksinasi anak usia 6-11 tahun Intinya semua dikembalikan ke orang tua siswa, karena kalau dia menolak itu haknya dia, kita tidak ada unsur paksaan," tandasnya.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: RHH

Baca Juga