Air Bersih

Perumda Ake Gaale Sebut Bakal Ringankan Tagihan Air Bersih

Kantor Perusahaan Air Minum Ake Gaale di Ternate, Maluku Utara || Foto: Istimewa

Ternate, Hpost – Pihak Perumda Ake Gaale di Kota Ternate, Maluku Utara, memberikan keringanan terhadap pelanggan yang sering menunggak pembayaran rekening air.

Perusahaan air minum di Ternate ini menyebut akan memberikan keringanan dengan dapat menyicil rekening pembayaran air untuk pelanggan.

"Jadi operasional kami (Perumda) ini kan bergantung pada rekening pelanggan. Kalau menunggak sampai tiga sampai empat bulan otomatis dilakukan pemutusan, tapi kita juga usulkan agar diberikan keringanan," kata Dewas Perumda Ake Gaale, Halid Thalib, Rabu 09 Februari 2022.

"Salah satunya dengan cara menyicil kalau sudah dilakukan pemutusan akan disambung kembali oleh petugas. Prinsipnya pelanggan juga kewajibannya harus dipenuhi," ujarnya kembali.

Ia bilang, saat turun ke lapangan, ia menemukan berbagai keluhan warga dan masalah air bersih, di antaranya terkait keberadaan alat mesin pompa yang sebagian besar telah berusia puluhan tahun. Hal itu membuat penyaluran air bersih kerap menjadi terganggu.

Baca:

Misalnya mesin pompa yang terletak di kompleks Skep. Mesin tersebut melayani beberapa kelurahan, di antaranya Maliaro, BTN, dan Tanah Tinggi. Kemudian mesin pompa yang terletak di Kelurahan Tubo yang melayani wilayah utara.

"Jadi kendalanya selama ini karena mesin pompa yang sudah berusia puluhan tahun. Sementara untuk pengadaan baru tentunya butuh anggaran uang cukup besar. Tapi kita juga sudah carikan solusi melalui pelayanan menggunakan mobil tangki untuk wilayah-wilayah yang krisis air bersih," jelasnya.

Menyangkut pergantian alat, ia mengaku pihaknya saat ini masih fokus melakukan pembinaan internal.

"Meski demikian, kami juga tetap berupaya salah satunya dengan penyampaian ke Pemkot Ternate melalui Bappelitbangda agar ke depan ada penyertaan modal ke kami guna mendukung kinerja," pungkas Halid.

Penulis: SAR
Editor: RHH

Baca Juga