Cuaca Ekstrem

Nelayan dan Kapal di Perairan Maluku Utara Diimbau Waspada Cuaca Buruk

Ilustrasi: Cuaca ekstrem terlihat di selat antara Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate, Maluku Utara. || Foto: Munawir

Ternate, Hpost – Cuaca ekstrem di wilayah Maluku Utara diperkirakan terjadi sepekan ke depan. Warga diimbau waspada saat beraktivitas di daerah rawan bencana.

Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku Utara pun mengingatkan kepada nelayan, motoris, maupun operator kapal untuk waspada cuaca buruk di Perairan Moloku Kie Raha.

Direktur Polairud Polda Maluku Utara Kombes Pol R Djarot Agung Riadi, mengatakan jika ingin berlayar dengan cuaca buruk saat ini, maka kelayakan kapal harus dicek terlebih dahulu.

"Kelayakan dari kapal itu perlu, kalau kapal tersebut tidak layak jangan paksa untuk berlayar," ujar Djarot, Senin 21 Januari 2022.

Djarot bilang, instansi terkait yang saat memberikan izin harus bisa melihat secara langsung kapal tersebut layak atau tidak untuk melakukan pelayaran.

Baca Lagi:

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Maluku Utara Sepekan ke Depan

"Mereka juga harus melengkapi alat-alat di atas kapal untuk keselamatan seperti navigasi, life jacket dan lainnya," kata dia.

Navigasi dan life jacket, menurut Djarot sangat penting sekali sehingga setiap kapal wajib memiliki perlengkapan tersebut. Hal ini dapat membantu awak kapal untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Djarot juga menegaskan bahwa kapal yang tidak memiliki perlengkapan navigasi keselamatan agar tidak diberi izin berlayar.

“Kalau navigasi dan life jacket tidak ada tentunya kembali ke dinas yang mengeluarkan izin, agar jangan dikeluarkan izin berlayar," pungkasnya.

Penulis: Samsul
Editor: RHH

Baca Juga