Lingkungan

DLH Prediksi Jumlah Sampah di Kota Ternate Meningkat saat Ramadan

Tumpukan sampah di jembatan lingkungan tanah masjid kelurahan Kalumpang Ternate Tengah. Foto: Olis Dzilfikar

Ternate, Hpost - Jumlah sampah di Kota Ternate, Maluku Utara, diprediksi akan mengalami peningkatan saat memasuki bulan ramadan. Pemicu meningkatnya volume sampah di Ternate di antaranya ialah membludaknya jumlah penduduk.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Tonny Pontoh memastikan akan terjadi peningkatan volume sampah di bulan ramadan taun ini, karena populasi penduduk Kota Ternate semakin bertambah.

"Di bulan Ramadhan ini akan terjadi lonjakan sampah, karena populasi penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat," kata Tonny kepada wartawan, Jumat 18 Maret 2022.

Meski begitu, pihaknya akan tetap melaksanakan tugas, baik dari lingkungan perkotaan, pemukiman, maupun hingga ke TPA. Karena itu, perlu lebih efektif, terutama seperti kesiapan untuk menjaga adanya penimbunan sampah yang besar, seperti Ramadhan beberapa tahun kemarin.

"Itu gambarannya, sehingga bisa antisipasi agar tak ada masalah dalam proses penanganan sampah," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat Kota Ternate bisa lebih jeli, tidak membuang sampah ke sembarangan tempat. Sampah, kata ia, harus dimasukan dalam kantong plastik agar mempermudah pihaknya saat pengangkutan sampah.

Baca Juga:


MCM Maluku Utara Berbagi Nasi Jumat di Masjid Raya Ternate


Postingan Facebook Bikin Geram, Kades di Kepulauan Sula Aniaya Istrinya yang Hamil


Pengurus Ipemi Maluku Utara Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua Umum

“Jangan sebarluaskan sampah di lingkungan pemukiman, jika itu terbawa angin dan hujan, maka sampah itu akan tercecer ke mana-mana,” harapnya.

Kendati begitu, Tonny mengaku, kini masyarakat sudah lebih cerdas sehingga kerja-kerja pihaknya akan terus terbantukan untuk menyelesaikan problem sampah di Kota Ternate.

“Armada pengangkut sampah saat ini belum ada penambahan. Kami menunggu saja mudah-mudahan di tahun ini bisa dapat satu mobil ambrol dan empat kontainer melalui alokasi DAK 2022,” pungkasnya.

Penulis: Tim JMG
Editor: RHH

Baca Juga