Penertiban

Polres Halmahera Tengah Ungkap Banyak Karyawan IWIP Gunakan Knalpot Racing

Salah satu pengendara saat membuka knalpot racing. Foto: Risno Hamisi/Hpost

Weda, Hpost - Kasat Lantas Polres Halmahera Tengah, Maluku Utara, IPTU Risno Naser mengungkapkan banyak karyawan di PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) menggunakan kendaraan dengan knalpot racing.

Hal tersebut disampaikan Risno setelah melakukan penertiban kendaraan roda dua hingga roda enam yang menggunakan knalpot racing di gerbang masuk Kota Weda tepatnya di Desa Wedana.

Pantauan Halmaherapost.com, pada Minggu 20 Maret 2022, penertiban menjelang bulan Ramadan tersebut, terdapat puluhan pengendara yang terjaring.

Bahkan, para pengendara langsung membuka knalpot racing yang digunakan, jika tidak akan dilakukan penilangan.

Baca:

Seorang Tahanan Lapas di Tobelo Tewas Gantung Diri

Minim Perawatan, Benteng Bersejarah di Ternate Ini Dibersihkan Mahasiswa

Nama Elang Tak Diusulkan Golkar Halmahera Tengah pada Pilgub 2024

"Penertiban knalpot racing menjadi kegiatan rutin oleh kepolisian. Ini dilakukan untuk cipta kondisi keselamatan berlalulintas, apalagi sebentar kita akan memasuki bulan ramadan," ujar Risno.

"Kemarin sudah kita lakukan operasi keselamatan, jadi tetap kita akan lanjutkan dengan kegiatan-kegiatan rutin seperti ini," sambungnya.

Risno bilang, dalam penertiban knalpot racing ini bukan hanya dilakukan kepada pengendara roda dua, akan tetapi hal yang sama juga berlaku untuk pengendara roda empat dan roda enam.

"Karena sekarang ini pengendara roda empat maupun roda enam juga sudah banyak yang pakai knalpot racing," katanya.

Menurutnya, untuk pengendara di Halteng saat ini masih minim kesadaran menggunakan knalpot racing, apalagi karyawan perusahaan.

"Sudah banyak sekali yang dimusnahkan. Mereka yang bekerja di perusahaan ini rata-rata motor besar dan pakai knalpot racing," terangnya.

Penulis: Risno Hamisi
Editor: Ramlan Harun

Baca Juga